Tips Membawa Anjing Kesayangan Naik Pesawat

Tips Membawa Anjing Kesayangan Naik Pesawat

Posted on 02:19 - 07 Sep 2018
paw Indonesia paw Indonesia pawesome

Saat sedang bepergian ke luar kota atau luar negeri, paw friends sering merindukan hewan kesayangan di rumah? Atau saat sedang menemukan sebuah taman yang nyaman, mungkin terbesit pikiran, “Coba Louie ada di sini ya, pasti puas lari-lari”. 

Lalu, kenapa tidak membawa serta teman setia kesayangan paw friends untuk ikut berlibur? Mungkin karena selama ini terpikir akan repot perihal prosedur membawa hewan naik pesawat. Ada dua pilihan, apakah paw friends ingin furry friends kita diterbangkan dengan cargo khusus atau lewat bagasi pesawat. 

Biasanya, prosedur penerimaan cargo lebih awal dari penerimaan bagasi, paling tidak 8 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat. Biaya untuk pengangkutan dengan cargo biasanya lebih murah dari biaya angkut dengan bagasi. 

Untuk kedua pilihan ini, sebenarnya tidak sesusah itu lho prosedurnya, ini dia langkah-langkah yang perlu dilakukan. 

  1. Cari tahu maskapai yang mengizinkan paw friends untuk membawa serta pets kesayangan, tentukan kapan hari keberangkatan, dan kapan harus mengurus dokumen pelengkapnya, ini yang paling penting.  Setiap maskapai penerbangan biasanya punya ketentuan dan biaya yang berbeda mengenai pengangkutan live animals.
  2. Terlebih dulu, cek kesehatannya ke dokter hewan/klinik hewan untuk mendapatkan surat keterangan sehat/Surat Keterangan dari Dokter Hewan. Buku vaksin wajib dibawa, untuk menyatakan bahwa kesehatannya baik dan tidak mempunyai penyakit menular.
  3. Lalu, mintalah Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) di Dinas Peternakan, caranya, dengan membawa surat keterangan dari dokter hewan/klinik hewan. SOP Penerbitan Izin Pemasukan dan Pengeluaran Hewan Kesayangan & Penerbitan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) bisa dilihat di sini.
  4. Jika surat-surat sudah beres, di hari keberangkatan, dua jam sebelum check in di bandara, mintalah Surat Izin Pengangkutan di kantor Karantina Hewan Bandara, dan siapkan juga Surat Pembebasan Tanggung Jawab (diperlukan untuk menerima hewan kembali di bandara tujuan). 

Persiapan traveling

Selain surat-surat penting di atas, paw friends juga harus menyiapkan:

  • Kandang yang layak, nyaman, dan kuat. Pastikan ventilasi udaranya baik dan tempatkan mainan kesayangannya. Pastikan kandang terkunci dengan baik agar saat terjadi guncangan di pesawat, our furry friends tidak akan terlepas keluar.
  • Cantumkan identitas paw friends sebagai pemiliknya di kandang dan di kalung hewan kesayangan.
  • Beberapa jam sebelum terbang, berikan makanan ringan dan air minum terlebih dulu. Jika maskapai membolehkan untuk menempatkan makanan dan minuman di dalam kandang, tempatkan dalam wadah yang tak mudah tumpah saat ada guncangan.
  • Beberapa hari sebelum hari keberangkatan, ada baiknya untuk membiasakan si doggo berada di kandang, untuk melatih mereka terbiasa saat penerbangan.

Bagaimana? Tidak susah, kan? Sebaiknya, agar tidak terburu-buru, siapkan surat-surat dan persiapan ini paling tidak satu minggu sebelum hari keberangkatan. Happy traveling and safe flight to both of you!

Traveling bersama pets atau hewan peliharaan

scroll to top