Perhatikan 7 Etiket Ini Saat Membawa Anjing ke Dog Park

Perhatikan 7 Etiket Ini Saat Membawa Anjing ke Dog Park

Posted on 10:44 - 02 Mar 2019
Silvya Winny Silvya Winny Writer, Pet Parents of 4 Dogs & Cosmetic Aficionado

Cuaca yang cerah dan matahari bersinar terang menjadi penyemangat tersendiri untuk membawa anjing paw friends berjalan-jalan. Dog park (taman anjing) adalah tempat yang aman untuk membuat mereka berlarian, membakar energinya, bermain serta bersosialisasi dengan anjing lain. Nah, meski begitu paw friends dan anjing kesayangan juga perlu berhati-hati ketika membawa mereka ke dog park. Apa saja sih yang perlu diperhatikan saat membawa anjing jalan-jalan di dog park? Berikut tipsnya.

1. Pastikan anjing Anda sehat dan steril

Maksud steril di sini adalah telah mendapatkan vaksin dan disemprot spray anti kutu. Pastikan sebelum menginjakkan kaki di dog park, anjing paw friends telah “bersih” sehingga tidak menulari anjing lain yang sehat.

Anjing sehat, pasti semangat bermain
Anjing sehat, pasti semangat bermain. Photo credit: Petswelcome

2. Berikan jeda sebelum Anda masuk

Saat memasuki taman bersama anjing kesayangan, jangan segera melepas anjing paw friends. Berikan jeda beberapa lama agar anjing Anda dapat melihat-lihat dan beradaptasi dengan situasi baru yang dihadapinya. Pasalnya jika ada puluhan anjing berkeliaran di sana, bukan tidak mungkin akan memicu perkelahian. Memberikan jeda akan memungkinkan anjing-anjing lain terbiasa dengan kehadiran anjing paw friends dan tidak berubah hiperaktif ketika ia mulai masuk dalam kerumunan.

3. Anda pegang kendali

Anjing perlu tahu bahwa paw friends adalah sang “alfa” (pack leader) ke mana pun pergi. Ini adalah kunci agar ia tidak menjadi hiperaktif ketika bertemu anjing lain. Pastikan anjing kesayangan sudah mengenali suara paw friends dan menurut ketika dipanggil. Bila perlu, dedikasikan satu kata yang Anda gunakan untuk memanggilnya. Jika Anda tidak pernah memberi perintah, jangan kaget jika anjing melempar ekspresi kebingungan tanpa tahu apa yang paw friends minta. Nah, jika ia memperlihatkan kepatuhan akan perintah Anda, jangan lupa untuk memberikan ia reward, misalnya sekadar elusan sayang di leher atau pujian. 

4. Bawa perlengkapan yang diperlukan

Meski si doggie sudah poop di rumah, ada baiknya paw friends mempersiapkan diri. Berjaga-jaga kalau harus membersihkan poop-nya saat bermain di taman, bawalah kantung plastik bekas sebagai wadah sementara. Selain itu siapkan travel bowl dan air putih dalam jumlah yang cukup untuk menjaganya tetap terhidrasi. Berlarian dan bermain di dog park tentu membuatnya cepat haus.

Berikan reward saat Anjing menurut ketika dipanggil
Berikan reward saat Anjing menurut ketika dipanggil. Photo credit: Pexels

5. Jika belum dikebiri, awasi anjing Anda

Kehadiran anjing betina tentu bisa memancing perhatian para anjing jantan yang belum dikebiri. Jika paw friends tidak ada niatan untuk mensterilkan anjing kesayangan dalam waktu dekat, maka ada baiknya untuk mengawasi gerak-gerik si furry friend agar tidak mengusik anjing lain. Well, tentu saja, tidak semua anjing akan terangsang dan tidak semua anjing agresif melihat lawan jenisnya, namun ada baiknya untuk meminimalisir risiko.

6. Pahami sinyal yang diberikan anjing Anda

Sang anjing tidak hanya perlu dilatih untuk dapat bergaul dengan anjing lain, paw friends pun juga harus bisa membaca perilaku anjing. Menurut Rebecca Ruch-Gallie, DVM, dokter hewan dari Universitas Colorado, biasanya anjing yang sedang riang terlihat dari ekornya yang bergoyang-goyang, telinga yang relaks, dan gembira mengajak anjing lain bermain dengan gerakan play bow (kedua kaki merendah).

Seekor anjing yang marah dan siap berkelahi biasanya akan mengangkat kepalanya tinggi-tinggi, dan condong ke depan. Telinganya juga akan mengarah ke atas atau ke depan. Anjing yang menggeram bukanlah sinyal yang tak perlu Anda cemaskan. Namun apabila ia menggeram dengan bibir sedikit bergetar maka paw friends sudah harus siap memberi instruksi.

Nah, jika Anda melihat tanda-tanda bahaya ini, alihkan perhatiannya dengan menawari snack atau mainan, saran Ruch-Gallie. paw friends juga dapat bertepuk tangan atau membuat suara keras.

7. Tahu apa yang harus dilakukan jika perkelahian terjadi

Perkelahian mungkin tidak dapat dihindari, namun pastikan Anda siap menghadapinya.
Perkelahian mungkin tidak dapat dihindari, namun pastikan Anda siap menghadapinya. Photo Credit: Rover

Terlepas dari segala upaya terbaik, perkelahian mungkin tak bisa dihindari. Pastikan paw friends telah siap:

  • Berikan waktu sebentar. Biasanya adu kejantanan ini berakhir secepat mereka memulainya.
  • Jika mereka melakukannya lebih dari beberapa detik, cobalah pisahkan keduanya dengan menyemprotkan air melalui selang atau pistol air. Cara lain, gunakan tongkat panjang untuk melerai mereka. Jangan memisahkan mereka dengan tangan atau tubuh Anda.
  • Jika mereka masih bertarung hingga lebih dari 5 detik, maka paw friends dan pemilik lainnya harus mendekati anjing dari belakang. Dengan lembut raih kaki belakang mereka, pegang di bagian atas kaki lalu angkat seperti gerobak kemudian mulai bergerak mundur. Jangan menarik di area leher anjing karena mungkin anjing bisa refleks menggigit Anda.

Intinya latihan adalah kunci untuk membuat perjalanan Anda ke dog park berlangsung sukses. Semakin ia terbiasa dengan lingkungan taman anjing, makin mudah bagi anjing paw friends untuk bersosialisasi. Ini diperlukan agar mereka mengerti keadaan sekeliling dan terutama, semakin memahami aturan yang diterapkan oleh Anda, sang pack leader

Salah satu cara termudah untuk membuat anjing kesayangan belajar bersosialisasi adalah dengan mengajaknya berkenalan dengan anjing lain, di dog park.  paw friends ingin mengajak sahabat berbulu ke taman anjing? Berikut rekomendasi taman anjing di Jakarta, Bandung dan Semarang yang bisa paw friends kunjungi.

1. Como Park

Terdapat halaman rumput luas yang didedikasikan khusus untuk anjing bermain dan berkenalan dengan teman baru di dalam area bangunan ini. Anjing-anjing Anda akan dapat bermain-main dan bertemu teman baru!

Alamat: Jl. Kemang Timur Raya 998, Jakarta Selatan

Instagram: @comopark998

2. Tribeca Park

Ada sebuah taman kecil yang di Mal Central Park yang bisa menjadi spot untuk mengajak anjing paw friends jalan-jalan.  Area ini bahkan sering dijadikan venue beberapa event hewan peliharaan lho.  

Alamat: Central Park Mall, Jalan Letjen S. Parman Kav. 28

3. Pet Kingdom, Alam Sutera

Ruang terbuka ramah hewan peliharaan seluas  5.000 meter persegi, memfasilitasi semua kebutuhan hewan peliharaan dari mulai taman bermain, tempat latihan, hingga dokter hewan.

Alamat: Jl. Jalur Sutera Tim. No.29

Instagram: @petkingdomid

4. Pet Park Bandung

Kota Bandung juga memiliki kawasan untuk tempat bermain hewan kesayangan Anda. Sayangnya, area ini masih agak kurang terawat lantaran kursi, meja, serta beberapa alat permainan hewan mulai rusak dan perlu diperbaiki.

5. Taman Tugu Muda, Semarang

Karena ada di tengah kota, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat “janjian” para komunitas dog lover di kota Semarang.

Silakan dicoba, paw friends!

 

Profil Penulis

Selain ngomongin kosmetik dan olahraga, wanita ini sukaaaa sekali kopi susu. Bicara soal anjing, dia adalah dog parents yang bakal mellow kalau ngomongin soal anjing pertamanya, Lilo, disusul Bento, Chelsea, dan Zippo.

scroll to top