Mobil paw friends Bau Pipis Kucing? Ini Tips Menghilangkannya

Mobil paw friends Bau Pipis Kucing? Ini Tips Menghilangkannya

Posted on 22:27 - 15 Oct 2019
Silvya Winny Silvya Winny Writer, Pet Parents of 4 Dogs & Cosmetic Aficionado

Bau pipis kucing yang tak kunjung hilang memang tidak menyenangkan, paw friends. Apalagi kalau si kucing kesayangan meninggalkan “jejaknya” di dalam mobil pribadi Anda. Jika paw friends tidak segera mengambil tindakan menghilangkan bau pipis kucing di mobil, udara yang tersekap akan membuat bau tersebut makin tak tertahankan. Tak ingin hal itu terjadi, kan? Berikut tips menghilangkan bau pipis kucing di mobil dan membuat mobil Anda tercium segar kembali.

Langkah 1:

Identifikasi dari mana bau pipis kucing berasal. Jika tidak ada noda yang terlihat kasat mata, endus seluruh area di mobil hingga Anda menemukan area berbau terkuat. Jika bau tersebut berasal dari beberapa area, coba paw friends parkir mobil di lokasi yang gelap dan arahkan lampu bersinar UV ke dalam mobil. Dengan segera noda pipis kucing akan terlihat, biasanya berwarna gelap.

Langkah 2:

Campurkan 1 cangkir cuka dengan ½ gelas air. Celupkan lap basah (yang tak terpakai lagi) ke dalam larutan. Oleskan kain ke bagian bernoda, baik itu di sofa ataupun karpet mobil, lalu gosok hingga noda tersebut mulai memudar. Setelah selesai di lap, diamkan selama 5 menit.

Langkah 3:

Setelah melakukan langkah 2 tadi, tekan kembali area sofa ataupun karpet tersebut dengan kain yang memiliki daya serap tinggi. Tahan tekanan di area tersebut selama 10-15 detik. Ulangi proses ini sampai larutan cuka tadi benar-benar melenyapkan noda tersebut.

Hilangkan bau pipis kucing di sofa mobil
Hilangkan bau pipis kucing di sofa mobil. Foto: Instagram

Langkah 4:

Oleskan pembersih enzimatik, atau pembersih kimia mengandung enzim untuk menghilangkan noda dan bau yang sulit dihilangkan hanya dengan larutan cuka saja. Ikuti petunjuk yang ada di dalam kemasan. Dalam kebanyakan kasus, biasanya paw friends hanya akan menyemprotkan pembersih tersebut langsung ke noda. Namun agar enzim tersebut bekerja menghancurkan bahan-bahan organik yang terkandung dalam pipis kucing dengan lebih maksimal, sesudahnya tutupi noda dengan plastik dan biarkan selama 24 jam.

Langkah 5:

Hidrogen peroksida (H2O2) merupakan senyawa kimia kuat yang umum digunakan sebagai agen oksidasi yang dapat larut di dalam air. Kandungan ini pun sering ditemukan dalam produk rumah tangga hingga kecantikan. Nah, kali ini ia pun dapat digunakan untuk menghilangkan noda, paw friends. 

Cara Membuat Hidrogen Peroksida

Bahan:

  • 2 cangkir hidrogen peroksida (3%)
  • 2 sendok makan soda kue
  • 2 tetes sabun cair 
  • 1/2 sendok teh jus lemon.

Campurkan semua bahan dalam wadah plastik atau gelas. Tuang larutan ini ke noda, biarkan campuran itu mendesis. Saat desis tersebut menghilang, bersihkan larutan dengan kain penyerap.

Langkah 6:

Setelahnya, keringkan area yang baru dibersihkan ini dengan pengering rambut dengan tingkat suhu hangat ataupun dingin. Jika cuaca hangat dan berangin, biarkan pintu mobil terbuka dan biarkan udara tersebut mengeringkan mobil Anda secara alami.

Tips Tambahan

  1. Untuk noda besar, gunakan vac-wet atau extractor untuk menghilangkan sekaligus mengeringkan larutan pembersih pada Langkah 2 dan 5.
  2. Gunakan larutan hidrogen peroksida sesegera mungkin.

Peringatan

  1. Jangan mencampur cuka dan hidrogen peroksida secara langsung. Kombinasi itu beracun. 
  2. Hidrogen peroksida dapat menimbulkan noda hitam di beberapa bahan. Uji spot larutan hidrogen peroksida pada bagian karpet atau area sofa yang tersembunyi sebelum digunakan.
  3. Jangan menutup pintu mobil saat karpet atau pelapisnya masih basah karena jamur dapat berkembang.

Nah, paw indonesia juga mengumpulkan saran dari penyayang kucing yang pernah mengalami ‘tragedi’ ini. Lihat cara mereka menghilangkan bau pipis kucing di dalam mobil dengan cara ini. Menurut mereka, ini efektif lho.

Pakai Listerine untuk Menghilangkan Bau

Obat kumur Listerine akan menghilangkan bau urin. Tuang dua tutup botol Listerine ke dalam air 50ml lalu semprotkan  cairan tersebut ke area yang berbau. Diamkan selama beberapa jam. Buka jendela mobil selama beberapa waktu. Kemudian letakkan setumpuk koran di atas area tersebut untuk menyerap cairan berlebih. Vakum area ketika cairan sudah terserap ke dalam koran. 

-Stacey

Hilangkan Bau dengan Baking Soda

Baking soda pun efektif hilangkan bau pipis kucing di mobil
Baking soda pun efektif hilangkan bau pipis kucing di mobil. Foto: Pexels

Suami saya menemukan cara untuk menghilangkan bau pipis kucing di mobil. Pertama, dia menaburkan baking soda di area yang terkena dan membiarkannya menyerap semalaman. Keesokan harinya, dia menyedot baking soda di batch pertama itu, lalu menuangkan baking soda baru, menggosoknya dengan menggunakan kain basah. Lalu, dia akan membilas campuran itu dengan air bersih. Kemudian kembali melakukan vakum ke seluruh area mobil. 

-Dinar

Profil Penulis
Selain ngomongin kosmetik dan olahraga, wanita ini sukaaaa sekali kopi susu. Bicara soal anjing, dia adalah dog parents yang bakal mellow kalau ngomongin soal anjing pertamanya, Lilo, disusul Bento, Chelsea, dan Zippo.
scroll to top