8 Persiapan Liburan bersama Kucing Kesayangan

8 Persiapan Liburan bersama Kucing Kesayangan

Posted on 04:10 - 19 Dec 2018
paw Indonesia paw Indonesia pawesome

Para penyayang kucing pasti menyadari kalau kebanyakan kucing tidak selalu tertarik diajak liburan. Bahkan binatang bersifat lembut dan pemalu ini cukup frontal memperlihatkan sinyal penolakan mereka ketika diajak liburan, lho  paw friends.

Seorang sahabat paw friends sempat menceritakan pengalamannya berpergian dengan dua kucing kesayangannya. Kucing yang satu tampak rileks, sementara yang lain berkelakuan seperti merasa tersiksa. Hmm, unik ya.

Nah, sebelum mengajak mereka ikut bepergian, ada beberapa hal yang perlu paw friends  ketahui dan persiapkan untuk meminimalisir terjadinya kekacauan di perjalanan.

1. Konsultasi soal obat yang diperlukan ke dokter hewan

Apabila si kucing kerap merasa cemas dalam perjalanan berjarak pendek, maka obat dapat berperan dalam membuatnya merasa nyaman selama perjalanan berjarak tempuh lama. Jika kucing yang akan Anda bawa termasuk hiperaktif, obat-obatan yang menenangkan kucing dapat  membuat perjalanan lebih aman. Ini tak hanya mengurangi kadar stres kucing, tapi juga memberikan Anda rasa nyaman di jalan.

Bicarakan dengan dokter ahli untuk mengetahui opsi obat apa yang harus dibawa serta. Mungkin sang dokter akan memberi Anda resep atau saran lain untuk meredakan kecemasan kucing. Setelah memiliki obat tersebut, tugas paw friends adalah memberikannya pada si kucing sebelum perjalanan dimulai.

2. Meletakkannya di kandang bisa mengurangi stres pada kucing

Walaupun kucing tidak banyak bertingkah di dalam rumah, hal yang sama belum tentu terjadi jika paw friends membawanya di dalam mobil.

Seorang paw friends berbagi pengalamannya, bahwa dalam perjalanan yang relatif singkat, ia biasa meletakkan si manis berbulu kesayangannya di dalam kandang. Tentu saja, untuk beberapa saat ia membiarkan kucingnya keluar kandang dan berkeliaran di kursi belakang mobil SUV miliknya.

Nah, jika melakukan hal ini, pastikan Anda menghadang akses bagi si kucing agar tidak menjelajah hingga ke area kursi depan, ya. Karena kita tak bisa menebak tingkah laku kucing.  Mungkin saja sewaktu-waktu tingkah lakunya itu membahayakan Anda saat menyetir, paw friends.

3.     Bawa mainan atau benda kesayangannya

Bawa selimut kesangan kucing Anda.
Photo Credit: StockSnap Fotograref: Ghost Presenter

Jika kucing paw friends memiliki selimut atau mainan favorit, pastikan untuk membawanya di perjalanan. "Bawalah selimut atau tempat tidur yang mereka sukai untuk tidur. Sesuatu yang berbau dan terasa seperti rumah dapat membuat mereka merasa lebih aman dan nyaman," tulis blog Meowingtons. "Kemasi minuman serta makanan yang biasa Anda berikan di rumah agar ia tak merasa berada di tempat yang asing.”

4. Cek peraturan penerbangan jika membawa kucing naik pesawat

Apabila paw friends ingin membawa si kitty terbang dengan pesawat, cek regulasi yang berlaku di maskapai tersebut. Cek apakah maskapai yang paw friends gunakan nanti mengizinkan untuk mengangkut binatang, baik dalam kargo atau kabin pesawat, plus biaya ekstra yang harus dikeluarkan. Jelang keberangkatan, siapkan waktu dua - tiga  jam untuk singgah ke kantor Karantina Hewan Bandara untuk mendapatkan Surat Izin Pengangkutan. Persyaratan lengkapnya bisa cek di sini. Siapkan pula dokumen yang harus paw friends bawa, dari catatan vaksinasi hingga sertifikat kesehatan dari dokter yang mengizinkan ia untuk bepergian.

5. Siapkan tindakan pencegahan

Jika paw friends melakukan perjalanan panjang, pastikan Anda ekstra hati-hati saat membuka dan menutup pintu mobil. Kenapa? Kucing adalah pelari yang terampil, dan ada tendensi besar mereka ingin melarikan diri (a.k.a kabur)!

Tak cuma itu. Terkadang saat hendak menggendong si kucing, refleks yang ia berikan adalah memberontak dan mencakar paw friends yang menyebabkan kucing terlepas dari tangan dan kabur. Inilah mengapa cukup penting untuk memastikan hewan peliharaan paw friends memiliki name tag sebelum bepergian.

6. Pastikan hotel yang dipilih pet-friendly

Tak semua hotel itu ramah kucing, paw friends. Sebelum meng-klik “confirm” saat booking hotel, pastikan ulang via telepon ke pihak hotel apakah mereka menerima tamu yang datang dengan binatang peliharaan. Jika mengizinkan kehadiran hewan peliharaan, cek pula regulasi hotel mengenai ‘tamu spesial’ tersebut.

7. Jangan tinggalkan mereka di mobil, ya

Meskipun matahari sedang tidak terik, suhu dalam mobil bisa naik sangat tinggi dengan cepat, paw friends. Jika berhenti di tempat peristirahatan, jangan tinggalkan kucing kesayangan paw friends terkunci di dalam mobil tanpa pengawasan. Lebih baik, bawa si kucing di dalam kandang saat paw friends hendak turun dari mobil. Dengan begitu, paw friends tidak perlu merasa khawatir soal kondisi si kucing dan bisa melakukan aktivitas dengan tenang.

8. Siapkan mental ya, paw friends

Dengan segala persiapan dan perencanaan matang sekalipun, bepergian dengan kucing bisa membuat paw friends dan si kucing stres. Bersiaplah menghadapi kondisi terburuk. Si manis mungkin menangis sepanjang waktu, muntah, atau mengalami potty-accident (buang air tanpa sengaja). Pastikan untuk membawa tisu dapur yang tebal dan perlengkapan bersih-bersih, dari sapu, lap, sampai sabun sehingga paw friends selalu sigap membersihkan kotoran. Lagipula, berada dalam mobil yang bau selama perjalanan, sama sekali bukan pilihan.

"Terimalah bahwa perjalanan pertama mungkin memerlukan usaha lebih keras daripada yang diantisipasi atau mungkin tidak berjalan semulus yang diharapkan," tulis blog Adventure Cats. "Ini adalah proses belajar untuk Anda dan kucing Anda. Hasil akhirnya bisa sangat bermanfaat bagi Anda berdua, jadi bersabarlah dan selalu perhatikan isyarat kucing Anda."

Selamat berjalan-jalan dengan kucing Anda ya, paw friends!

scroll to top