Latih Anjing Tidak Selalu Menggonggong, Ketahui 4 Hal Ini Dulu

Latih Anjing Tidak Selalu Menggonggong, Ketahui 4 Hal Ini Dulu

Posted on 12:33 - 19 Sep 2019
Cornila Desyana Cornila Desyana Penulis dan Penyuka Binatang

Pernahkah paw friends sedang lari pagi, melewati suatu rumah yang memelihara anjing, dan mendadak si anjing menggonggong? Untuk sejumlah orang, gonggongan anjing terdengar menakutkan. Meski mereka di balik pagar, tetap saja suaranya yang menggelegar bisa bikin lutut gemetar.

Tapi sebetulnya, kenapa anjing menggonggong?

Menggonggong sejatinya adalah cara anjing berkomunikasi. Dari gonggongan itu, anjing menyampaikan pesan tertentu ke lingkungan sekitarnya, terutama ke paw friends. Apa sajakah itu?

1. Menunjukkan wilayah atau teritorialnya

Bagi anjing, kepemilikan atas suatu daerah adalah hal penting. Biasanya, mereka menandai teritorialnya dengan pipis di beberapa titik di daerah tersebut. Dan ketika ada yang yang tidak ia kenal, atau hewan lain yang mendekat, insting anjing akan mendorongnya untuk menjaga wilayah tersebut. Saat itu terjadi, ia akan mulai menggonggong.

Anjing akan bersikap waspada, agresif, otot wajah dan leher menegang, serta menyalak lebih kencang saat sang “lawan” semakin mendekati teritorialnya.

2. Memberikan peringatan atau tanda bahaya

Anjing memiliki penciuman dan pendengaran yang tajam. Kedua indera tersebut, memperkuat insting anjing akan lingkungan di sekitarnya. Itu juga yang bikin anjing bisa mendeteksi kemungkinan munculnya bahaya. Mulai dari kedatangan pencuri sampai peringatan datangnya bencana alam.

Ketika anjing merasakan sesuatu yang tidak beres, saat itu pula ia akan menggonggong.

3. Merasa bosan

Anjing itu ibarat manusia dengan sifat ekstrovert. Maksudnya, ia tidak suka ditinggal sendirian, apalagi dalam waktu lama. Saat paw friends meninggalkan anjing di rumah, ia akan segera merasa bosan atau sedih, bila tak ada teman bermain.  Ia pun akan menggonggong, untuk menunjukkan bila dirinya tak bahagia.

Anjing menggonggong untuk memberi salam, mengajak main, atau merasa bosan
Anjing menggonggong untuk memberi salam, mengajak main, atau merasa bosan. Foto: Brooke Winter

4. Mengajak bermain atau mengucapkan salam

Melihat lagi cerita di atas, ketika paw friends sedang lagi pagi dan ada anjing yang menggonggong, bisa jadi itu adalah ucapan salam darinya.

Ya, anjing juga menggunakan gonggongannya untuk mengatakan, “Hi, apa kabar?” atau pun bilang, “Main sama aku, yuk!” Saat anjing menyapa atau mengajak main, biasanya ia menunjukkan gestur tubuh bahagia. Yakni: ekor bergoyang lincah dan kadang ia akan melompat-lompat. Bila ini sikap yang ditunjukkan anjing kepada paw friends, tak usah lari terbirit ya. Cukup ucapkan salam, atau menyambut ajakannya bermain.

5. Mencari perhatian

Sebagai sahabat, anjing adalah sahabat yang haus perhatian. Tak jarang, dari gonggongannya dia meminta paw friends mengabulkan keinginannya. Seperti jalan-jalan ke luar rumah, main bareng, minta camilan, atau ingin mainan baru.

6. Mengalami kegelisahan karena takut ditinggalkan (anxiety)

Beberapa anjing menangis saat paw parents-nya pergi. Tangisan itu akan diikuti dengan suara rintihan ataupun gonggongan yang super heboh. Tak jarang, tangisan dan gonggongan itu muncul sesaat setelah parents-nya keluar rumah atau menutup pintu. Bahkan diikuti dengan kecenderungan merusak barang-barang di sekitarnya.

Kejadian ini terjadi pada anjing yang mengidap anxiety atau kegelisahan/kecemasan berlebihan saat ditinggal pemiliknya. Biasanya, anjing dengan pengalaman buruk atau pernah mengalami trauma ditinggalkan, dibuang, atau hilang dari pemiliknya, menderita anxiety. Seperti yang dialami Kiko, anjing Golden Retriever, yang sempat menghilang selama tiga tahun.

7. Menunjukkan kekuatan atau power

Umumnya, anjing ukuran kecil lebih sering menyalak ketimbang anjing besar. Iya kan?

Kalau merujuk ke pernyataan Alexandra Horowitz, penulis buku Being a Dog, anjing kecil sering menggonggong untuk menunjukkan bila dirinya kuat. “Karena ukuran tubuhnya kecil, mereka memerlukan hal lain yang membuat dirinya tampak lebih besar, tangguh, atau kuat, seperti menggonggong,” kata Horwitz seperti dilansir businessinside.com.

Nah, setelah tahu alasan kenapa anjing menggonggong, kini saatnya kita bahas cara melatih anjing agar berhenti menggonggong, dengan tips dari Caesar’s Way

Tutup mulut anjing dengan tali halter

Ketika anjing doyan menggonggong pada orang atau hewan yang lain, paw friends bisa memasangkan tali halter pada moncong dan lehernya, terutama saat mengajak anjing jalan-jalan.

Tali pengekang yang aman untuk si doggie.
Sumber: http://www.gentleleader.co.uk/help-advice/fitting-instructions/ 


Rupa tali halter mirip dengan tali kekang pada kuda, dengan dua lubang untuk leher (neck strap) dan moncong anjing (nose loop). Sebelum memasang tali halter, paw friends harus menyesuaikan dulu ukuran neck strap dengan lingkar leher atas anjing. 

Caranya, buka buckle dan lingkarkan neck strap pada bagian atas leher anjing, dekat dengan tengkuk anjing. Perhatikan bila ukuran neck strap cukup nyaman untuk anjing, dan tidak membuatnya tercekik, ya.

Setelah ukurannya pas, lepaskan neck strap dan lingkarkan nose loop di pangkal moncong anjing, di antara mata dan ujung mulutnya. Setelah nose loop terpasang baik, pasang kembali neck strap dan pastikan tiap bagian tali halter terpasang nyaman dan tidak menyakitkan untuk anjing.

Memberikan mainan atau barang untuk digigit

Percaya atau tidak, anjing memiliki keasyikan sendiri saat membawa suatu barang di mulutnya. Selain membuatnya senang, secara alamiah, menggigit sesuatu atau membawa barang dengan mulut, membuat anjing tidak bisa menyalak. 

Kegemaran ini bisa paw friends manfaatkan supaya anjing tidak menggonggong saat diajak jalan-jalan. Misalnya minta dia membawakan keranjang piknik atau frisbee. Tapi ada baiknya tidak memberikan barang untuk ia bawa, setelah menggonggong ya. Sebab itu bisa disalahartikan oleh anjing sebagai hadiah karena sudah menggonggong.

Lebih baik paw friends sudah memberikan barang untuk dibawa anjing, sebelum beranjak dari rumah.

Melatih anjing mendengarkan perintah

Dog's are a man's best friend. paw friends tentu tahu istilah ini, bukan?

Sebagai teman manusia, anjing tidak hanya setia menemani hari-hari paw friends, tapi juga pendengar yang baik. Dengan anjing, paw friends bisa bercerita tentang banyak hal. Kemampuannya ini juga bisa paw friends gunakan untuk melatih anjing belajar mendengarkan perintah, kapan bisa menggonggong dan kapan harus berhenti menyalak.

Seperti biasa, paw friends perlu siapkan camilan sebagai hadiah untuk anjing, kalau ia mau mendengarkan perintah. Lalu, minta tolong salah satu anggota keluarga atau sahabat untuk memencet bel atau mengetuk pintu rumah, supaya memicu gonggongan anjing.

Waktu anjing menyalak, perintahkan dia diam dan mundur dari hadapan pintu, namun jangan terlalu jauh agar anjing masih bisa melihat orang yang akan masuk. Setelah anjing diam beberapa saat, barulah berikan camilan. 

Jangan langsung berikan camilan waktu ia berhenti menggonggong, ya. Sebab bisa jadi anjing bakal salah kaprah, dan mengira ia dikasih hadiah karena menggonggong. Jadi, tunggu beberapa saat, sampai ia benar-benar berhenti menyalak.

Membuat gangguan

“Mudah terdistraksi, itulah sejatinya sifat seekor anjing,” tulis medium.com

Mungkin selama ini paw friends berpikir kalau mudah terdistraksi (perhatian mudah teralihkan) merupakan kekurangan anjing. Tapi sebetulnya, kekurangan ini bisa paw friends jadikan “alat” untuk melatih gonggongan anjing.

Bagaimana caranya? Saat anjing menggonggong tanpa henti, paw friends bisa membuat sedikit kegaduhan. Seperti melempar mainan atau bola ke depan anjing, atau menutup pintu dengan kencang.

Yang paling penting, menurut medium.com, jangan sampai anjing melihat kalau mainan atau suara itu muncul karena dilakukan oleh paw friends. Jadi anjing tidak akan mengaitkan distraksi itu dengan keberadaan paw friends. “Dengan begitu, anjing akan berpikir setiap kali dia menggonggong tanpa alasan atau menyalak tanpa henti, sesuatu jatuh dari langit,” tulis situs tersebut.

paw friends perlu menjadi pemimpin anjing agar ia menurut
paw friends perlu menjadi pemimpin anjing agar ia menurut. Sumber: Fabian Gieske

Jadi pemimpin untuk anjing

Kalau paw friends pernah menonton TV show  Caesar’s Way, pasti sering dengar sarannya agar setiap dog parents harus menjadi pemimpin bagi anjingnya. Ya, memiliki pemimpin bagi anjing adalah hal krusial. 

“Saat kecil, ibu anjing menjadi pemimpin bagi anak-anaknya. Dia menentukan kapan anaknya makan, tidur, atau bermain,” tulis situs Caesar’s Way. “Begitu juga ketika anjing sudah dewasa, dia perlu pemimpin untuk mengatur hidupnya dan memberikannya batasan.”

Pemimpin di sini adalah paw friends. Dengan menunjukkan diri sebagai pemimpin, anjing akan patuh dengan paw friends, termasuk untuk mengatur dirinya kapan boleh menggonggong dan kapan harus berhenti menggonggong.

scroll to top