Cara Menghadapi Kucing yang Picky Eater

Cara Menghadapi Kucing yang Picky Eater

Posted on 13:19 - 13 Dec 2019
Cornila Desyana Cornila Desyana Penulis dan Penyuka Binatang

Waktu kecil, saya termasuk kategori orang pemilih makanan. Tidak suka sayur oseng kacang panjang, tidak mau makan telor ceplok, juga tak doyan ampela. Kalau ibu masak salah satu makanan itu, sudah pasti saya menghindarinya.

Kini setelah besar dan memelihara dua kucing (Miki dan Miko) di rumah, ternyata saya menerima perlakuan yang sama dari mereka. Misalnya saja Miko, dia punya preferensi makanan kering sendiri. Kalau saya berikan makanan kering yang bentuknya tipis, sudah pasti Miko tak mau menyentuhnya. Beda ceritanya kalau saya berikan makanan kering yang bentuknya rada tebal. Pernah juga ada momen, Miki dan Miko sama sekali tidak mau menyentuh makanannya, meski sudah masuk jam makan. 

Merujuk ke beberapa artikel, tingkah Miki dan Miko itu dikarenakan kucing adalah hewan pemilih makanan. Seperti dikutip dari Pets WebMD, pada dasarnya kucing adalah hewan pemburu dengan berbagai preferensi makanan. 

“Di alam liar, kucing makan mangsa kecil, seperti burung kecil, tikus, dan serangga, sebanyak 10 sampai 20 kali sehari,” tulis Pets WebMD. “Selain itu, kucing termasuk hewan pengumpan oportunistik, yang artinya mereka akan makan ketika makanan tersedia di depan mata.”

Dengan kata lain, kucing bisa sangat mudah bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Selain itu, kucing juga bisa kehilangan nafsu makan, bila:

Diperhatikan saat makan. Seperti aku dan kamu, kucing tak suka kalau ada yang memperhatikan dia saat makan. Saat paw friends jongkok di sebelah kucing yang lagi makan, dia akan merasa risih dan menganggap paw friends mengganggu ketenangannya makan. Kalau sudah begitu, kucing akan melengos dari mangkuk makannya dan memilih rebahan di tempat yang rada jauh. 

Kucing kehilangan nafsu makan kalau mangkuk makannya kotor
Kucing kehilangan nafsu makan kalau mangkuk makannya kotor.
Photo credit: Hans Reniers / Unsplash
  • Tempat makan kotor. Tahukah paw friends kalau kucing termasuk hewan penyuka kebersihan? Yup, kucing sangat tidak suka hal kotor. Itu sebabnya mereka rajin mandi, mengubur kotorannya, dan cuci tangan setelah makan. Itu sebabnya juga, kucing tidak mau makan bila menggunakan wadah kotor. Jadi sebelum memberi kucing makan, paw friends perlu cuci mangkuknya hingga bersih, ya…
  • Makanan dingin. Ketika membeli makanan basah kalengan, biasanya paw friends akan menyimpannya di dalam lemari es, bukan? Lemari es memang bisa membuat makanan basah yang sudah dibuka jadi tetap awet. Tapi suhunya yang dingin menghilangkan aroma makanan kucing. Itu sebabnya, kucing jadi kehilangan nafsu makannya.
  • Usia bertambah. Lagi-lagi seperti manusia, kucing bisa bosan dengan makanannya yang itu-itu saja. Di sisi lain, semakin besar si pus, selera makanannya juga bisa berubah. Ketika masih kecil, kucing mau makanan basah yang teksturnya seperti bubur. Tapi setelah umurnya menginjak satu tahun, biasanya mereka memilih makanan basah dengan tekstur yang lebih kasar, dan ada potongan ikannya.
Main di luar rumah, kucing bisa makan serangga atau makanan dari orang lain
Main di luar rumah, kucing bisa makan serangga atau makanan dari orang lain
Photo credit: Vlad Bagacian / Unsplash

Tapi sebelum paw friends membuat keputusan kalau si pus picky eater, perlu juga memperhatikan pola makan dan aktivitasnya. Sebab beberapa kucing punya kebiasaan untuk tidak langsung menghabiskan makanan di dalam mangkuknya. Tapi mereka cenderung makan sedikit dulu, lalu dilanjutkan lagi setelah 30 menit atau satu jam kemudian. 

“Itu bukan berarti kucing tidak suka makanannya, tapi memang pola makannya seperti itu,” tulis hillspet.com.

Lain halnya dengan kucing rumahan yang bisa dengan bebas main ke luar rumah. Biasanya, mereka akan melahap makanan atau mangsa (seperti serangga) apapun yang mereka temui. Karena sering ngemil, dia pun akan merasa kenyang waktu pulang ke rumah.

Selain itu, paw friends perlu tahu juga apakah ia tidak mau makan karena makanannya dingin, jenisnya selalu sama, atau ada perubahan jadwal makan. Kalau paw friends sudah tahu sebab si pus enggan makan, maka bisa cari jalan keluar untuk mengembalikan nafsu makannya.

Misalnya saja dengan:

  • Menghangatkan makanan kucing, terutama yang disimpan dalam lemari es. paw friends bisa menggunakan microwave selama beberapa detik untuk menghangatkan makanan kucing. Ketika makanan tidak lagi dingin (juga tidak terlalu panas atau hangat untuk dimakan kucing) aromanya akan menggoda si pus untuk melahapnya.
  • Mengganti menu makan kucing. Kalau ini pilihan yang paw friends ambil, maka lakukanlah secara bertahap. Mulailah dengan mencampurkan sedikit makanan baru dengan makanan regulernya. Secara bertahap, perbanyak porsi makanan barunya ketimbang menu lamanya. Dengan begitu, si pus tidak akan kaget dengan rasa makanan barunya, juga tidak bosan dengan rasa menunya yang lama. 
    Beri makan saat kucing benar-benar lapar
    Beri makan saat kucing benar-benar lapar
    Photo credit: Marko Blazevic / Pexels

     

  • Beri makan saat kucing benar-benar lapar. Saat perut keroncongan, makanan apapun akan habis dilahap dan terasa enak. Ya tidak? Begitu juga bagi kucing. Saat lapar, ia pun tidak ada tenaga untuk menolak atau memilih-milih makanan yang ada di depannya.
    “Kucing rumahan, biasanya tidak banyak aktivitas dan tidak cepat lapar,” kata ahli gizi hewan, Jennifer Larsen di vetstreet.com. “Karena itu, sebaiknya beri makan kucing saat dia benar-benar lapar.”
  • Memberi makan bersamaan dengan kucing lain di rumah. Melihat kucing lain sedang makan bisa menggoda nafsu makan si pus. Karena itu, paw friends bisa memberikan si pus makanan bersamaan dengan waktu makan saudaranya di rumah. Tapi jangan lupa, tetap pisahkan makanan itu di mangkuk berbeda, sehingga mereka tidak berkelahi karena merebutkan makanan.

Ketika paw friends sudah coba semua cara tapi si pus tetap emoh makan, dan bobot badannya terlihat menyusut, segera bawa kucing ke dokter hewan. Karena bisa jadi, si pus tidak mau makan bukan karena dia picky eater, tapi memang ada masalah dengan tubuhnya. Seperti sakit gigi, gangguan pencernaan, atau tersedak hair balls

Setelah tahu penyebab kucing jadi hewan pemilih makanannya, semoga paw friends bisa lebih paham si pus dan bisa melakukan PDKT saat dia kehilangan nafsu makannya.

 

Photo credit main image: Freestocks.org / Pexels

 

Profil Penulis


Cornila, ibu dari dua putri dan satu putra, yang juga sibuk sebagai parent dari dua kucing, dua kelinci, dua kura-kura brazil, dua hamster dan satu anaknya, dua ikan cupang, dua ikan mas, dan dua ikan manfish.

scroll to top