Anjing Suka Menggigit, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anjing Suka Menggigit, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on 08:36 - 23 May 2019
Cornila Desyana Cornila Desyana Penulis dan Penyuka Binatang

Miko adalah anjing ras Yorkshire Terrier berusia 1 tahun. Sehari-hari, Miko hobi menggigit segala barang di sekitarnya. Mulai dari mainan, bantal, sampai sendal, semua ia gigit-gigit.

Sebagai dog parents, anjing paw friends mungkin pernah melakukan hal yang sama seperti Miko, menggigit semua barang di dekatnya. Lalu, apakah hal itu wajar?

Menurut situs cuteness.com, kebiasaan anjing menggigit-gigit benda merupakan hal wajar. Sebab mereka memang mencoba mengenali lingkungan di sekitarnya dengan cara mengendus, menjilat, dan menggigitnya. “Anjing menggunakan mulutnya untuk mengeksplorasi dunia,” tulis cuteness.com.

Di sisi lain, perilaku anjing menggigit barang juga sebuah cara untuk menunjukkan rasa sukanya. Misalnya, anjing suka akan suatu boneka karet, maka ia akan sering menggigitnya. Beberapa anjing juga akan menggigit-gigit jari tangan paw friends untuk memperlihatkan rasa sayangnya. Atau ketika suatu hari paw friends harus pergi keluar kota dan meninggalkan anjing di rumah dengan anggota keluarga lainnya. Maka ia akan masuk ke kamar paw friends dan menggigit barang di sana, sebagai penunjuk rasa rindu.

Sementara menurut situs caesarsway.com, anjing kecil yang sedang melewati masa pertumbuhan gigi akan memerlukan sesuatu untuk mereka gigit dan kunyah-kunyah. Jadi ya, menggigit itu adalah hal wajar bagi seekor anjing.

Lalu, apakah kebiasaan anjing menggigit adalah hal baik? Bagaimana cara membedakan antara gigitan sayang dengan gigitan berbahaya? Apakah hobi itu bisa dihentikan? Untuk menjawab semuanya, yuk baca penjelasan di bawah ini.

Apakah kebiasaan anjing menggigit adalah hal baik?

Ketika anjing masih tergolong bayi atau puppy, di bawah usia tujuh minggu, kebiasaannya menggigit mungkin terlihat menggemaskan. Apalagi menggigit suatu benda merupakan cara anjing untuk memperlihatkan rasa sayang akan hal tersebut.

Anjing menggigit-gigit untuk menunjukkan rasa sayang
Anjing menggigit-gigit untuk menunjukkan rasa sayang. Sumber foto: Pexels

Hanya saja, saat anjing beranjak besar dan giginya sudah lengkap, kebiasaan menggigit itu tidak akan lagi terlihat lucu. Selain akan semakin banyak benda rusak di rumah, bisa jadi tanpa disengaja, gigitan anjing bisa melukai anggota keluarga di rumah. Itu sebabnya, paw friends perlu melatih anjing sejak dini, agar mengurangi kebiasaannya menggigit.

Bagaimana cara membedakan antara gigitan sayang dengan gigitan berbahaya?

Menggigit memang hal normal bagi anjing. Tapi ada kalanya, anjing merasa takut atau frustrasi, yang akhirnya melakukan agresi dengan menggigit paw friends.

Untuk membedakan antara gigitan sayang dengan gigitan berbahaya dari anjing, paw friends bisa melihat dari raut muka anjing. Anjing yang menggigit untuk menunjukkan rasa sayang, biasanya bersikap normal. Wajahnya santai, moncongnya berkerut, gigitannya tidak terasa sakit dan seperti mengemut.

Sementara anjing pada anjing agresif, otot wajahnya akan tegang, tubuhnya terlihat kaku, moncongnya tertarik dan giginya terlihat jelas. Ia juga melakukan gigitan dengan cepat, namun lebih menyakitkan dari gigitan saat bermain.

Bagaimana cara menghentikan anjing dari hobi menggigit?

Sebetulnya tidak jadi masalah kalau anjing memiliki hobi menggigit. Toh, itu adalah hal yang naluriah sebagai anjing. Yang perlu paw friends pastikan, anjing tidak sembarang menggigit-gigit barang di rumah atau anggota tubuh seseorang. Untuk itu, ada baiknya paw friends menyediakan mainan khusus untuk digigit anjing. Seperti tulang karet atau boneka yang ia sukai.

Bagaimana cara menghentikan anjing dari hobi menggigit anggota tubuh manusia?

Terlepas dari tujuannya untuk mengungkapkan rasa sayang, sangat dianjurkan bila paw friends tidak mengizinkan anjing menggigit atau mengemut jari, tangan, kaki, atau anggota tubuh seseorang. Saat anjing masih bayi, di bawah umur tujuh minggu, mungkin gigitan itu masih bisa ditolerir. Tapi saat ia sudah beranjak besar, paw friends perlu segera menghentikannya. Caranya:

  1. Lakukan hal yang biasa dilakukan anjing bila merasa kesakitan saat digigit anjing lain, yakni berteriak. Menurut situs cuteness.com, anjing kerap bermain, berguling, dan saling menggigit dengan saudaranya. Namun seekor anjing akan menyalak saat digigit dan merasa gigitan itu terlalu menyakitkan. Ketika anjing itu menyalak, secara otomatis, saudaranya akan menghentikan permainan.

    Saat paw friends digigit, teriakan “Aduh!” pun bisa membuat anjing berhenti menggigit dan melepaskan moncongnya dari kaki atau tangan paw friends. Setelah ia melepaskannya, paw friends perlu memberitahu anjing kalau yang dilakukannya itu tidak baik dan menyakitkan. Mengulangi hal yang sama setiap anjing menggigit, akan membuatnya paham dan menghentikan kebiasaan itu.

  2. Cara lain dari rover.com,  paw friends bisa mengajak anjing melakukan permainan yang mengasah otak. Seperti permainan menggiring bola lintas ruangan atau menggantungkan mainan dan mengajarkannya melompat untuk meraih serta menggigit mainan itu. “Apapun permainan yang dicoba, ingat untuk selalu menjaga keamanan bermainan agar anjing tidak terluka,” tulis rover.com.

  3. Mengajarkan anjing untuk tidak menggigit tangan bisa dilakukan dengan cara mengalihkan pikirannya. Caranya, saat anjing mendekat ke tangan paw friends, segera tarik tangan tersebut sebelum terjadi kontak dengannya. Lalu, alihkan pikirannya dengan mainan karet atau camilan, sampai ia menggigit benda tersebut. Dengan begitu, ia akan lebih tertarik menggigit mainan atau makanan ketimbang tangan atau kaki paw friends.

  4. Seperti yang dibahas di atas, anjing menggigit karena merasa penasaran. Untuk yang satu ini, paw friends bisa menggunakan rasa penasaran anjing untuk mengajaknya berlatih dan bermain.
    Misalnya, saat paw friends membelikan mainan untuk anjing, jangan langsung memberikannya. paw friends bisa terlebih dulu menunjukkan bungkusan mainan itu, kemudian menyembunyikannya. Biarkan anjing mengendus dan mencarinya, lalu menggigit-gigit bungkusan mainan itu. Untuk cara yang satu ini, paw friends bisa mengajak anjing yang lebih dewasa agar bisa mengajari anjing bila gigitannya terlalu keras.

 

Suara mengaduh bisa membuat anjing menghentikan gigitannya
Suara mengaduh bisa membuat anjing menghentikan gigitannya. Sumber foto: Daniel Lincoln/Unsplash

 

 

Bagaimana cara menghindari sikap agresif anjing yang mendorongnya untuk menggigit manusia?

Untuk ini, ada beberapa hal yang perlu paw friends hindari:

  • Mengayunkan jari tangan atau kaki ke wajah anjing, maupun menampar pipi atau sisi moncong secara pelan untuk mengajak anjing bermain. Kalau paw friends melakukan hal itu, ada kecenderungan anjing akan terdorong untuk menggigit tangan atau kaki paw friends.

  • Menolak bermain dengan anjing. Sebab saat paw friends menjaga jarak dengan anjing, rasa percaya anjing pun akan pudar dan ia bisa lebih bersikap agresif terhadap paw friends. Ada baiknya paw friends tetap bermain dengan anjing, tapi ajarkan ia bermain dengan lembut.

  • Menyentak tangan atau kaki paw friends dari anjing, saat sedang berbicara dengannya. Gerakan tersentak atau mendadak bisa dianggap sebagai suatu permainan oleh anjing, dan membuatnya semangat untuk menggapai tangan atau kaki paw friends.

  • Menampar atau memukul anjing untuk bermain-main bisa menyebabkannya lebih agresif dan menggigit lebih keras. Begitu juga dengan hukuman fisik, seperti memukul hidung atau moncongnya, akan membuat anjing cemas dan balik menyerang paw friends.

Yang perlu selalu paw friends ingat, perlakukanlah anjing selayaknya teman yang kita sayangi. Dengan begitu, anjing juga akan menunjukkan rasa sayangnya dan tidak bersikap agresif.  

Jangan lupa juga untuk membawa anjing ke dokter hewan dan memberikannya vaksin anti-rabies. Kalaupun pada suatu hari anjing menggigit paw friends, tidak perlu lagi khawatir akan terpapar penyakit berbahaya itu.

Profil Penulis
Cornila, ibu dari dua putri dan satu putra, yang juga sibuk sebagai parent dari dua kucing, dua kelinci, dua kura-kura brazil, dua hamster dan satu anaknya, dua ikan cupang, dua ikan mas, dan dua ikan manfish.
scroll to top