8 Tips Liburan Road Trip Bersama Anjing Kesayangan

8 Tips Liburan Road Trip Bersama Anjing Kesayangan

Posted on 06:21 - 12 Oct 2018
paw Indonesia paw Indonesia pawesome

Setiap kali hendak liburan, mungkin ide untuk membawa anjing kesayangan ikut serta, muncul di pikiran. Anda pikir mengajaknya traveling pasti akan menyenangkan dan membuat perasaan Anda lebih tenang, jauh dari rasa bersalah karena harus meninggalkan anjing kesayangan di rumah. Tapi… sedetik kemudian Anda pun membayangkan kerepotan yang harus dihadapi. Acungkan tangan jika paw friends pernah mengalami dilema ini! 

Perlu Anda ketahui, nyaman untuk Anda belum tentu nyaman bagi anjing kesayangan, lho. Rasa nyaman adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Sebab, selama ia nyaman, sejauh apapun perjalanan yang akan ditempuh, anjing Anda pasti tidak akan cemas dan gelisah sepanjang jalan. 

Bagaimana cara mempersiapkan si doggie untuk ikut liburan road trip dan membuat perjalanan Anda berjalan semulus mungkin? Saran yang paw friends kumpulkan dari para penyayang anjing ini pasti bisa membantu road trip Anda. Simak ya!

 

Jangan memangku anjing di pangkuan atau kursi depan

paw friends, tidak sedikit pemilik anjing yang meletakkan anjing kesayangannya di atas pangkuan saat sedang menyetir. Walaupun untuk jarak pendek, ini tidak akan membuat anjing kesayangan merasa nyaman. Bayangkan jika anjing tiba-tiba excited lalu ke luar dari pangkuan yang membuat tangan Anda tersentak dari setir. Cara ini bisa membantu menghindari kecelakaan berkendara.

 

Jaga agar hewan peliharaan di posisi aman

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 98% anjing bebas bergerak di dalam mobil yang sedang berjalan. Apabila anjing Anda berukuran kecil, tempatkan hewan peliharaan di dalam kandang (carrier) yang berventilasi baik . Sementara untuk ukuran sedang seperti Golden Retriever atau Samoyed, amankan posisi mereka dengan sabuk pengaman hewan peliharaan yang bisa dikaitkan pada baju mereka. 

Nah, untuk ras anjing besar seperti Great Dane atau Deerhound, pasti butuh usaha ekstra, paw friends. Bawa serta karpet kesayangan yang bisa diletakkan di kursi belakang berikut chewy toy-nya agar mereka nyaman berjam-jam di perjalanan. Namun, bila anjing kesayangan Anda memiliki kebutuhan khusus lantaran sudah lanjut usia atau sakit, amat disarankan untuk membawa selimut atau bed cover, sebagai alas yang lunak dan empuk bagi mereka. 

Oh ya, sebagai sang pack leader, ini tugas Anda untuk menjaga situasi agar mereka patuh di tempatnya. Ingat paw friends, ini bukan hanya untuk keamanan anjing saja, tetapi untuk keselamatan semua orang di dalam kendaraan.

 

Jangan memberi makan anjing sebelum perjalanan panjang

Beda dengan manusia yang harus mengisi perut lebih dulu sebelum pergi ke luar rumah, paw friends. Jika road trip nanti akan memotong jam makan mereka, cobalah beri anjing makanan ringan 3-4 jam sebelum keberangkatan. Perut terisi penuh ditambah pergerakan mobil sepanjang jalan bukanlah kombinasi yang baik bagi perut anjing karena ini akan menyebabkan mereka mengalami motion sickness yang berujung pada muntah. Hii... apa paw friends mau mengalami ini di tengah jalan?

 

Jangan tinggalkan hewan peliharaan sendirian di dalam kendaraan yang diparkir

Terlebih saat cuaca sedang terik, karena cuaca panas dan hampa udara akan membuat anjing cepat kelelahan dan dehidrasi, bahkan bila dibiarkan dalam keadaan jendela terbuka sekalipun! Lagipula, rasa ingin tahu anjing saat sang tuan sedang tak ada di sekitarnya pasti semakin besar dan memancing gairah mereka mengutak-atik tombol, kunci, dan fasilitas mobil nantinya. Bahaya! Jika ingin menepi ke restoran atau area peristirahatan, lakukan secara bergantian dengan anggota keluarga. Dengan begitu, di kaki empat selalu berada dalam pengawasan.

 

Jagalah agar anjing peliharaan Anda terhidrasi dengan baik

Anjing mengalami dehidrasi
Photo credit: StockSnap

Dalam cuaca panas ekstrem, seekor anjing (pada kenyataannya, semua hewan peliharaan) harus selalu memiliki akses ke air. Mengapa? Karena seekor anjing dapat mudah terserang heat stroke jika dibiarkan tanpa pengawasan di tempat panas. Satu-satunya cara anjing untuk menenangkan diri adalah dengan napas terengah-engah. Namun ini menyebabkan mereka kehilangan cairan liur melalui lidah. Karenanya, siapkan botol air 500ml di mobil supaya anjing kesayangan bisa minum walau tanpa mangkuk khusus mereka.

 

Kemasi tas perjalanan mereka

paw friends pasti ingin santai dalam perjalanan sehingga bisa berkonsentrasi memegang kemudi dan mata yang fokus menatap ke jalan (bukan ke hewan kesayangan). Nah, anjing yang cemas pasti tidak terlalu menyenangkan diajak bepergian. Oleh karena itu, siapkan tas yang berisi segala perbekalan dari mulai tali, makanan, mangkuk air, kantong plastik (untuk kotoran mereka), catatan vaksinasi, hingga mainan favorit sebagai pengingat rumah yang memberinya rasa familiar akan tempat tinggalnya.

 

Perhatikan klinik dokter hewan terdekat

Sebelum bepergian tak ada salahnya mengecek informasi kontak klinik dokter hewan di area yang akan disinggahi dan simpan ke ponsel Anda. Ini adalah bentuk antisipasi untuk setiap situasi darurat yang bisa saja terjadi dalam perjalanan nanti.

 

Berikan reward saat sampai tujuan

Reward untuk anjing
Photo credit: StockSnap

Ini sebagai bentuk kasih sayang yang Anda berikan karena ia telah berhasil melewati perjalanan jauh. Masih ada perjalanan pulang, bukan? Dengan reward ini anjing Anda tidak akan mengalami trauma terkurung di dalam mobil dalam waktu lama lagi.

 

Semoga tips ini bisa membuat perjalanan keluarga plus anjing kesayangan tetap menyenangkan ya, paw friends. Enjoy your road trip!

 

scroll to top