Tips Memelihara Anjing Bagi Pemula

Tips Memelihara Anjing Bagi Pemula

Posted on 11:32 - 11 Nov 2019
Silvya Winny Silvya Winny Writer, Pet Parents of 4 Dogs & Cosmetic Aficionado

Selamat telah memutuskan untuk memelihara anjing pertama Anda! Meskipun menyambut seekor anjing baru di rumah Anda itu menyenangkan, namun ini bisa menjadi pengalaman yang menantang di awalnya. Tenang, paw friends, dengan pelatihan yang memadai, perencanaan dan perhatian yang benar, anjing Anda akan menjadi teman yang sempurna untuk beberapa tahun ke depan. 

Sebuah penelitian dari American Psychological Association bahkan menunjukkan bahwa mereka yang memiliki hewan peliharaan akan jauh lebih sehat dan lebih bahagia sepanjang hidup mereka, lho. Untuk itu paw Indonesia menyiapkan artikel ini untuk Anda yang baru pertama kali memelihara anjing. Simak agar transisi Anda tidak terasa menyulitkan.

1. Kenali kebutuhan si doggie, termasuk pelatihan yang diperlukannya

Karena Anda telah menjadi seorang dog parents, sebutan awam bagi pemilik anjing, maka pahami makanan apa yang harus mereka konsumsi, berapa banyak olahraga yang mereka butuhkan, peralatan apa saja yang harus paw friends beli, dan pastikan bahwa anjing Anda akan mendapatkan vaksinasi.

Anjing adalah hewan yang selalu akan mencari bimbingan dari sang pemimpinnya. Karena itu, tanggung jawab Anda sebagai pemeliharanya adalah mengambil alih kuasa dan bertindak sebagai pemimpin yang mengajari bagaimana mereka harus bersikap.

2. Ketahui perawatan yang layak untuknya

Memiliki dan memelihara anjing adalah komitmen besar. Anda perlu mengambil sejumlah tanggung jawab baru. Perawatan harian, kunjungan medis, vaksinasi serta kelas pelatihan perlu budget ekstra yang diperhitungkan dengan cermat.

Meski demikian, banyak pemilik anjing setuju bahwa kehadiran binatang kaki empat yang setia ini dalam membawa perbedaan dalam kehidupan Anda. Mereka pantas dicintai, oleh karena itu Anda perlu memastikan kalau mereka dirawat dalam kondisi terbaik. Mungkin anjing Anda perlu waktu lebih lama untuk menerima pelatihan yang Anda terapkan, namun Anda perlu tetap fokus dan tidak kehilangan kesabaran ya, paw friends.  

3. Siapkan peralatan dan suplai penting

Siapkan keperluan mereka
Siapkan keperluan mereka.
Photo credit: Daria Shevtsova/Pexels

paw friends, better to be prepared than sorry, right? Nah, untuk itu kami sarankan untuk membeli semua peralatan penting yang Anda butuhkan untuk merawat anjing baru Anda sebelum membawa mereka ke rumah.

Saat memelihara seekor anjing untuk pertama kalinya, ada sejumlah persediaan yang akan Anda butuhkan segera dan ada pula beberapa yang opsional. Untuk persediaan opsional Anda bisa membelinya di kemudian hari, jika diperlukan.

Persediaan utama dan esensial meliputi:

  1. Mangkuk air
  2. Mangkuk makanan
  3. Makanan anjing
  4. Tali anjing (leash)
  5. Kalung anjing (collar)
  6. Snack anjing
  7. Tempat tidur anjing
  8. Penghilang noda dan bau

Persediaan opsional meliputi: Mainan anjing, sampo anjing, training pads, perawatan kutu anjing, kandang - untuk penggunaan di luar ruangan, gerbang hewan peliharaan - untuk di dalam rumah, muzzles, grooming products dan aksesoris.

Ketika anjing mulai menetap di lingkungan baru mereka, ini akan memberi Anda indikasi yang lebih jelas mengenai persediaan opsional apa yang perlu dibeli.

4. Ruang Hidup yang Nyaman

Pembatas dapat mencegah si doggie masuk ke area yang kurang aman baginya
Pembatas dapat mencegah si doggie masuk ke area yang kurang aman baginya. 
Photo credit: Minnie Zhou/Unsplash

Wajar jika anjing Anda akan tiba di rumah dan menjelajahi rumah barunya. Sebelum Anda membawa anak anjing atau anjing Anda ke rumah, Anda perlu melakukan penyesuaian pada area rumah terlebih dahulu.

Nah, untuk menghindari cedera, dan memastikan barang-barang Anda tetap utuh, serta menghentikan anjing keluar masuk area rumah yang tidak diperbolehkan, pastikan hal-hal berikut dilakukan:

Di dalam rumah

  • Pindahkan barang-barang berharga dan berharga dari jangkauan mereka (tempat-tempat tinggi biasanya merupakan lokasi terbaik)
  • Pastikan bahwa kabel dan kabel listrik yang tertinggal disembunyikan dengan aman atau simpan kabel agar tidak digigit oleh anjing Anda.
  • Pasang kunci/pintu pada lemari dapur yang pendek, terutama jika di dalamnya terdapat produk yang dapat membahayakan anjing, seperti produk pembersih rumah
  • Berikan batas (kandang ataupun crate besi ) hewan peliharaan untuk mencegah akses ke area terlarang dan untuk membantu menghindari agar mereka tidak jatuh atau cedera serius.
  • Gunakan karpet antiselip untuk menghentikan anjing Anda terpeleset dan menyebabkan cedera
  • Bila anjing paw friends merupakan ras yang memerlukan suhu khusus, seperti husky, akita, malamute, chow chow. Maka pastikan suhu ruangan tempat tinggalnya sudah diatur sedemikian rupa. 

Di luar rumah

  • Tempatkan pagar yang aman di sekeliling taman Anda untuk memastikan anjing Anda tidak bisa melarikan diri
  • Jika Anda memiliki taman kesayangan, pastikan tidak ada ruang bagi anjing Anda untuk menyelip ke dalamnya. Menambahkan kawat jala adalah solusi yang bagus untuk mencegah hal ini.
  • Tutupi kolam renang dan kolam
  • Jauhkan anjing Anda saat memindahkan kendaraan Anda

5. Langkah-langkah awal pelatihan di rumah

Setelah melakukan kebiasaan baru di atas, anjing Anda sekarang akan siap untuk membiasakan diri dengan lingkungan baru mereka. Di tahap ini, penting untuk mengenalkan ia dengan kepemimpinan Anda agar anjing dapat menyesuaikan diri dengan nyaman.

Kenalkan ia dengan rumah barunya
Kenalkan ia dengan rumah barunya
Photo credit: Tamara Bellis/Unsplash

Saat kedatangannya di rumah, ajak anjing Anda berjalan-jalan keliling rumah. Ini memungkinkan mereka untuk mencium bau yang identik dengan rumah baru mereka. Pilih tempat untuk anjing Anda buang air di luar rumah sehingga mereka juga mengasosiasikan area tersebut untuk buang air kecil.

Okay mungkin akan butuh waktu untuk ia terbiasa, jadi bersabarlah ya, paw friends. Beri reward anjing Anda jika ia telah menyelesaikan tindakan yang Anda harapkan dengan pujian atau sentuhan sayang. Ingatlah bahwa mereka harus banyak belajar, jadi menghadiahi mereka sejak dini akan membuat mereka belajar sifat baik untuk masa depan.

6. Berikan space untuk mereka

Tidak perlu fancy, yang penting nyaman
Tidak perlu fancy, yang penting nyaman
Photo credit: Lum3n.com/Pexels

Tinggal di tempat baru bisa sangat melelahkan. Ya, adaptasi memang memerlukan energi. Sehingga, berikan ia ekstra waktu dan tempat untuk bersantai dan dekompresi. Nah, Anda dapat menggunakan kandang atau area kurungan untuk ini. Jika anjing Anda memutuskan untuk pergi ke area kurungan saat Anda di rumah, biarkan dia sendiri.

Jika ingin berinteraksi dengannya, panggil ia dan lihat apakah ia akan meninggalkan tempat amannya untuk mendatangi Anda. Jika tidak, dia mungkin perlu istirahat.

7. Buat dan jalani sebuah rutinitas baru

Mengatur rutinitas jam makan pun perlu
Mengatur rutinitas jam makan pun perlu
Photo credit: freestocks.or/Pexels

hari dengan mengajaknya jalan-jalan dan sarapan, kemudian berikan snack ketika Anda sampai di rumah. Tidak masalah seperti apa rutinitasnya, tetapi semakin rutin Anda jalani, semakin cepat anjing Anda akan beradaptasi dengan lingkungan rumah.

8. Vaksinasi

Vaksin sebagai bentuk pencegahan berbagai penyakit pada anjing
Vaksin sebagai bentuk pencegahan berbagai penyakit pada anjing
Photo credit: Pranidchakan Boonrom/Pexels

Sama seperti manusia, anjing Anda dapat mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan saat mengidap suatu penyakit. Untuk melindunginya dari ancaman penyakit tersebut, adalah kewajiban Anda sebagai dog parents untuk memberikan perlindungan yang menyeluruh, dengan memberikan vaksinasi.

Jika membeli anjing dari breeder terdaftar, ada kemungkinan bahwa mereka sudah diberikan vaksinasi yang diperlukan. Namun, alangkah baiknya jika Anda tetap memeriksanya kembali ke dokter hewan. Memberikan vaksinasi bagi anjing Anda selain sebagai tindakan pencegahan dan melindunginya dari penyebaran infeksi  juga akan memberikan ketenangan pikiran.

Vaksin dapat melindungi anjing Anda dari yang berikut:

  • Distemper anjing
  • Canine parvovirus
  • Hepatitis anjing yang menular
  • Kennel cough
  • Leptospirosis

Ingatlah bahwa penyakit dapat menyebabkan penderitaan bagi hewan peliharaan Anda. Bahkan dalam beberapa kasus, penyakit tersebut bisa berakibat fatal, seperti berakhir dengan kematian. Pastikan Anda mencegah ancaman penyakit sejak awal dengan memberikannya vaksinasi yang diperlukan, paw friends.

9. Ingat: Kesabaran adalah kunci!

Anda dan anak anjing baru mengenal satu sama lain sehingga butuh waktu untuk saling menyesuaikan satu sama lain. Beri ia kesempatan untuk belajar dan mengenal. Berlatihlah dengan sabar. Seringkali, segalanya akan menjadi lebih baik setelah anjing Anda tinggal bersama dengan Anda lebih lama.

 

Profil Penulis


Selain ngomongin kosmetik, olahraga, wanita ini sukaaaa sekali kopi susu. Bicara soal anjing, dia adalah dog parents yang bakal mellow kalau ngomongin soal anjing pertamanya, Lilo, disusul Bento, Chelsea, dan Zippo.

scroll to top