Memandikan Anjing di Rumah Seperti Groomer Profesional

Memandikan Anjing di Rumah Seperti Groomer Profesional

Posted on 01:36 - 31 Oct 2018
paw Indonesia paw Indonesia pawesome

Kalau paw friends memiliki anjing, atau berpikir untuk mulai merawatnya, maka satu hal yang perlu diketahui adalah cara memandikan dan menjaga kebersihannya. Menjaga anjing tetap bersih tidak hanya penting buat kesehatannya, tapi juga rumah dan diri paw friends.

Untuk memandikan anjing sendiri, paw friends memiliki tiga opsi. Pertama, mengajaknya ke pet salon untuk dimandikan oleh groomer. Kedua, memanggil groomer ke rumah untuk memandikannya. Ketiga, memandikannya sendiri di rumah selayaknya groomer.

Mungkin paw friends bertanya-tanya, bagaimana caranya memandikan anjing sendiri di rumah? Apakah memang bisa dilakukan sendiri? Jawabannya, tentu saja bisa. Tapi sebelum paw friends mulai memandikan anjing, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dulu.

 

Mengapa anjing perlu mandi?

Memandikan anjing merupakan bagian penting dalam hal merawat binatang. Untuk anjing sehat, mereka perlu mandi untuk menghilangkan debu atau kotoran dari bulunya, bau tidak enak, menghilangkan bulu rontok, membersihkan kulitnya, dan membuat kulitnya selalu berkilau. Sementara untuk anjing yang memiliki kondisi kulit khusus, mandi bisa menjadi bagian perawatan yang direkomendasikan dokter hewan.

 

Kapan anjing perlu mandi?

Pada dasarnya, anjing hanya dimandikan bila perlu, dan itu tergantung kebiasaan dan kondisi kesehatan masing-masing anjing. Satu hal yang bisa menjadi acuan paw friends sebelum memandikan anjing adalah bau badan dan kumpulan debu yang menempel di bulunya. Jadi bila bulu anjing tidak mengeluarkan bau tak enak dan juga bersih dari kotoran, paw friends tidak perlu mengajaknya mandi.

Memandikan anjing terlalu sering akan membuat minyak alami pada kulitnya berkurang. Akibatnya, kulit anjing jadi kering dan bulunya bermasalah, seperti mudah rontok. Sementara anjing yang gemar berenang sebenarnya sudah mandi saat melakukan hobinya itu. Jadi paw friends tidak perlu sering memandikannya.

 

Apa shampo yang bagus untuk anjing?

Jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini adalah shampo khusus anjing. Kulit anjing yang sensitif dan memiliki tingkat keasaman (pH) yang berbeda dengan manusia. Ini membuatnya tidak bisa mandi menggunakan shampo milik paw friends. 

Untuk anjing dengan kulit dan bulu sehat, paw friends bisa menggunakan shampo hypoallergenic yang lembut. Juga bisa menggunakan kondisioner setelah memandikannya dengan shampo, untuk mencegah kekeringan pada kulitnya. Sedangkan untuk anjing dengan kondisi kulit tertentu, paw friends bisa meminta saran penggunaan shampo ke dokter hewan.

Memandikan anjing
Photo credit: Pexels

 

Di mana tempat memandikan anjing?

Ketika memandikan anjing di rumah, ada dua jawaban untuk pertanyaan ini. 

1. Di halaman rumah
Untuk beberapa anjing memang akan lebih mudah memandikannya di halaman rumah. Misalnya saja untuk anjing yang terlalu aktif, atau anjing dengan ukuran medium hingga besar. Sehingga paw friends bisa terhindar dari kemungkinan terpeleset di kamar mandi atau berusaha sekuat tenaga menahan anjing keluar dari bathtub.

Entah itu menggunakan air keran yang disambungkan dengan selang atau menampungnya dalam ember, yang perlu paw friends ingat adalah memastikan suhu udara saat memandikan anjing. Ketika udara cukup panas dan lembap, gunakanlah air dengan suhu normal, tidak terlalu dingin. Sementara saat udara dingin, pakailah air hangat, agar anjing tidak flu. 

 

2. Kamar mandi, di dalam bathtub

paw friends bisa menggunakan bathtub bila anjing bersikap tenang dan ukurannya memungkinkan untuk dimandikan di sana. Kalau anjing terlihat kesal atau tidak nyaman, sebaiknya ajak dia mandi di luar rumah.
Selalu temani anjing ketika berada di dalam bathtub. Selain itu, pastikan air tidak memenuhi seluruh bak, sehingga anjing tidak tenggelam.
Sama seperti mengajak anjing mandi di luar rumah, pastikan suhu air tidak terlalu dingin atau panas. Juga tidak menggunakan air dari keran yang mengalir cukup kencang.
Selain jaga kenyamanan anjing, perlu juga menjaga keselamatan paw friends. Sediakan keset anti-licin di lantai kamar mandi, sehingga Anda tidak terpeleset.
 

3. Kamar mandi, dengan shower

  • paw friends bisa memandikan anjing di kamar mandi, menggunakan shower, selama kondisi ruangan cukup memadai dan tidak terlalu sempit. Selain itu, pastikan kalau shower yang digunakan bisa ditarik sesuai arah tubuh anjing, bukan shower yang menempel dan tidak bisa terlepas dari dinding.
  • Simpan benda-benda yang tidak diperlukan dan berpotensi membahayakan anjing, seperti sikat kamar mandi.
  • Tunjukkan shower pada anjing dan biarkan anjing mengendusnya dulu. Ketika anjing sudah mengenalinya, perlahan nyalakan air dan basuh bulunya secara bertahap, sehingga anjing tidak stres dan mau mandi hingga selesai.

 

Peralatan Mandi Anjing

Peralatan mandi sebaiknya disiapkan dulu, agar paw friends tidak kelimpungan di sela-sela proses. Yang perlu disiapkan di antaranya: handuk pengering, handuk kecil atau spons, shampo dan kondisioner, sisir atau sikat bulu, sikat gigi anjing, cotton buds atau kapas pembersih telinga. 

Menyikat bulu anjing
Photo credit: Pexels

Semua perlengkapan sudah siap, kini saatnya paw friends mulai ritual memandikan anjing:

1. Sebelum mandi

  • Menyikat bulu anjing.

Pernahkah paw friends keramas dengan rambut kusut? Setelahnya, pasti sulit sekali menyisir rambut, bahkan kulit kepala terasa sakit karena helaian rambut ketarik-tarik. Hal serupa juga terjadi pada anjing, kalau paw friends memandikannya tanpa terlebih dulu menyikat bulunya. Terutama pada anjing Lhasa, Shih Tzu, atau Maltese, mandi tanpa menyisir bulu ibarat menumpahkan lem pada bulunya.

  • Bersihkan telinga anjing.

Sebelum memandikan, paw friends perlu membersihkan telinga anjing terlebih dulu. Dengan gerakan lembut, bersihkan sela-sela lubang telinganya menggunakan minyak mineral dan cotton buds atau handuk kertas. Jangan sampai air masuk ke telinga anjing, sebab bisa menyebabkan infeksi.

  • Sikat gigi.

Idealnya, anjing perlu sikat gigi setiap hari - dengan pasta gigi - agar gigi dan gusinya sehat. Untuk pilihan pasta giginya sendiri, perlu yang khusus dibuat untuk anjing, bukan pasta gigi yang biasa paw friends pakai. Sebab pasta gigi untuk manusia mengandung fluoride yang tidak baik untuk anjing. Bagian menyikat gigi ini sendiri cukup tricky dan perlu kesabaran. Bila anjing belum pernah sikat gigi, paw friends perlu membersihkan giginya dengan jari. Taruh sedikit pasta gigi di jari paw friends lalu taruh di gigi anjing selama beberapa detik. Bila anjing cukup tenang, gerakan jari paw friends di antara gigi-giginya, selama 20-30 detik. Kalau anjing sudah terbiasa dengan proses sikat gigi, paw friends bisa mulai menggunakan kain kasa atau sikat gigi jari dari toko hewan peliharaan.

  • Potong kuku.

Kuku anjing yang cukup panjang perlu dipotong sebelum mandi, agar paw friends tidak tergaruk kukunya saat anjing sedang mandi.  Yang perlu diperhatikan, jangan potong kuku anjing terlalu pendek. Bila kuku anjing terpotong terlalu dalam, bisa jadi akan melukai pembuluh darahnya yang membuat ia berdarah dan terinfeksi (bila tak segera diobati). Kalau paw friends tidak yakin cara memotong kuku anjing, ada baiknya membawa dia ke salon khusus anjing.

2. Saat Mandi

  • Basahkan tubuh anjing.

Secara perlahan, basahi tubuh anjing, dari pundak ke punggung dan dari sisi kanan-kiri tubuhnya ke arah buntut. Hindari membasahi bagian kepala, karena itu area sensitif anjing. Juga hindari air dari bagian mata, telinga, hidung, dan moncongnya. Ketimbang membasahi bagian itu, paw friends bisa membersihkannya dengan gerakan lembut, menggunakan kain kecil yang sudah dibasahi.

  • Shampo

Setelah seluruh badan basah, kini waktunya menggosok bulu dan kulitnya dengan shampo khusus anjing. Untuk awalan, gosok perlahan bagian dada anjing, lalu secara perlahan ke bagian perut. Pastikan kalau paw friends menggosok bulu anjing, hingga ke permukaan kulitnya, agar benar-benar bersih.

  • Memijat

Selain dada dan perut, pastinya paw friends juga harus menggosok punggung, badan sisi kanan, kiri, dan belakang, kaki depan juga belakang, serta buntut. Lakukan semua dengan gerakan memijat yang lembut, ya. Ketika anjing merasa nyaman, bersihkan dengan cepat bagian selangkangannya, area yang cukup sensitif bagi sebagian anjing.

  • Bilas dengan air

Ada baiknya paw friends membilas tubuh anjing dengan air mengalir dan jari tangan menggosok permukaan kulit anjing, secara perlahan. Sehingga anjing tetap nyaman dan tubuhnya benar-benar bersih dari sisa busa shampo.

  • Kondisioner

Shampo memang membersihkan bulu dan kulit anjing. Tapi mirip dengan manusia, terkadang shampo bisa membuat rambut (bulu) dan permukaan kulit kering. Itu sebabnya, penggunaan kondisioner perlu setelah anjing mandi dengan shampo. Ada beberapa merek kondisioner yang mana paw friends bisa langsung membilas setelah mengaplikasikannya di bulu anjing. Namun ada pula kondisioner yang perlu waktu tunggu beberapa menit sebelum membilas tubuh anjing hingga bersih.

Mengeringkan bulu anjing
Photo credit: Pexels

 

3. Setelah mandi

  • Keringkan tubuh anjing

Kalau melihat di film-film, anjing tampaknya bisa mengeringkan tubuh sendiri, dengan mengibaskan bulu-bulunya. Tapi sebetulnya, paw friends juga perlu membantunya mengeringkan tubuh dengan handuk. Saat menggunakan handuk, yang perlu diingat adalah mengeringkan bulu anjing dengan gerakan mengelus searah pertumbuhan bulunya, bukan menggosok bulu yang malah membuatnya jadi kusut dan sulit disisir.  Atau bisa juga, paw friends meletakan handuk di punggung anjing dan membiarkannya mengibaskan bulunya hingga kering, dan tidak membuat basah ruangan di sekitarnya. Kalau perlu, paw friends bisa menggunakan blower khusus agar tubuh anjing benar-benar kering.

  • Sisir bulu anjing

Saat bulu anjing masih agak basah, ini waktunya bagi paw friends buat menyisir bulunya. Menyisir bulu anjing memang dianjurkan saat bulunya tidak benar-benar kering. Bila paw friends menyisir bulu saat sudah kering, besar kemungkinan bulunya akan kusut. Sama seperti waktu menggosok dengan handuk, sisir bulu anjing sesuai arah pertumbuhan bulunya.

  • Bersihkan mata

Untuk beberapa jenis anjing, seperti  terrier dan chihuahua, cenderung mengalami penumpukan sisa air mata di bagian bawah mata, yang bisa menyebabkan iritasi. Karena itu, paw friends perlu membersihkan mata anjing secara berkala, seperti setelah mandi. Membersihkan mata anjing bisa menggunakan cairan khusus, yang ada di toko penglengkapan hewan, dan meneteskannya pada bola kapas. Lalu, usap bola kapas secara perlahan di mata anjing, yang dalam kondisi tertutup.

  • Bersihkan telinga

Ketika telinga anjing memiliki kotoran yang agak lengket seperti lapisan lilin, itu normal. Dikatakan tidak normal bila kotoran telinga anjing mengeluarkan bau tidak sedap. Kalau itu yang terjadi, paw friends harus segera membawanya ke dokter hewan.
Pada kotoran telinga yang normal, paw friends bisa membersihkannya dengan larutan pembersih telinga yang diteteskan ke kapas bulat. Lalu secara perlahan menggosokannya di permukaan dalam telinga. Saat menggosok, jangan melakukannya dengan kencang atau terlalu ke dalam telinga, sebab bisa membuatnya terluka. Cukup bersihkan kotoran yang terlihat saja.

  • Berikan hadiah

Usai semua proses, kini saatnya paw friends memanjakan anjing dengan camilan atau juga mainan kesukaannya, sebagai ucapan terima kasih. Dengan hadiah kecil ini, anjing akan mengingat momen mandi sebagai kegiatan yang menyenangkan, dan mau melakukannya lagi di kemudian hari.

scroll to top