Ini Cara Memotong Kuku Kucing yang Tepat

Ini Cara Memotong Kuku Kucing yang Tepat

Posted on 14:02 - 22 May 2019
Cornila Desyana Cornila Desyana Penulis dan Penyuka Binatang

Memotong kuku kucing, perlu tidak, ya…

Mungkin paw friends pernah atau sedang bertanya-tanya soal urusan grooming kucing yang satu ini. Sebetulnya, memotong kuku kucing itu tergantung dengan kebutuhan paw friends dan “gaya hidup” si kucing.

Maksudnya bagaimana, tuh?

Jadi, kalau menurut situs vetwest.com, kuku kucing rumahan memang sebaiknya dipotong secara berkala. Tujuannya bukan untuk si kucing, tapi demi menjaga perabotan di rumah tetap awet dan kemungkinan kucing mencakar anggota keluarga paw friends tanpa atau dengan sengaja.

“Kuku kucing akan semakin panjang dan tajam kalau tidak dipotong,” tulis vetwest.com. Karena itu, secara naluri mereka akan mengikis kukunya dengan mencakar-cakar batang pohon, agar tidak terlalu panjang. Tapi kalau tidak ada pohon, kucing akan menggaruk-garuk perkakas di rumah, seperti sofa atau kusen. “Kalau sudah begitu, furnitur di rumah akan mudah rusak.”

Di sisi lain, kucing yang tinggal di jalanan atau sering main di luar rumah, memerlukan cakarnya sebagai senjata melindungi dirinya. Misalnya ketika bertemu dan berkelahi dengan kucing liar yang galak, tentu ia perlu cakarnya untuk membalas serangan musuhnya. Atau juga, untuk membantunya memanjat.

Lalu, bagaimana paw friends memotong kuku kucing rumahan?

 

Berkenalan dengan kuku kucing

Untuk awalan, paw friends perlu mengenal kuku kucing dulu. Kalau sedang tidak dipakai, biasanya kuku kucing akan bersembunyi di balik jemari atau paw-nya. Agar kukunya terlihat, paw friends perlu menarik sedikit bagian atas paw kucing.

Setelah paw ditarik, akan terlihat cakar kucing. Bila diperhatikan, tiap cakar kucing memiliki dua warna: putih cenderung transparan dan merah muda, yang disebut quick. Quick berbentuk segitiga dan besarannya di setiap kuku berbeda-beda. Karena itu, paw friends perlu melihat dengan jeli bagian kuku yang berwarna putih dengan quick.

Kenapa? Karena bagian kuku yang bisa dipotong adalah yang berwarna putih transparan. Jangan pernah memotong bagian quick kuku kucing, sebab itu berisi pembuluh darah dan sejumlah saraf. “Bila bagian quick tak sengaja terpotong, kucing akan kesakitan dan kukunya berdarah,” tulis situs pets.webmd.com.

Setelah tahu bagian kuku kucing, kini saatnya paw friends mempersiapkan kucing untuk gunting kuku. Begini tahapannya:

1. Ajari kucing untuk dipegang telapak kaki

Memotong kuku kucing semestinya harus dengan rasa sukarela dari si kucing. Karena itu, paw friends perlu membiasakan kucing untuk mau menaruh telapaknya di telapak tangan paw friends, tanpa menariknya dan menjauh dari paw friends.

2. Pijat kaki kucing

Setelah paw friends membiasakan kucing untuk dipegang kakinya, kini saatnya memijat paw-nya dengan jari-jari paw friends. Berikan pijatan lembut pada bagian atas dan bawah setiap kaki yang kukunya akan dipotong. Jangan lupa untuk memberikan camilan untuk dia, ya.

 

Biasakan kucing untuk dilihat kukunya

Biasanya, kucing tidak suka bila telapak kakinya (paw) dipegang lama-lama, apalagi kalau paw friends mencoba melihat kukunya. Karena itu, paw friends perlu membiasakan kucing agar mau dipegang paw dan kukunya.

Saat kucing sedang santai, mulailah dengan lembut mengelus-elus paw-nya, dan secara bersamaan membelai belakang leher, bawah dagu, atau punggungnya. Lakukan hal ini untuk setiap kuku yang mau dipotong. 

Bagaimana kalau kucing malah menarik kakinya, dan pergi meninggalkan paw friends? Jawabannya, biarkan saja. Ya, biarkan kucing pergi dan jangan memaksanya. Tapi saat ada kesempatan lagi, coba ulangi hal yang sama, dan kasih ia camilan kesukaannya.

Kuku kucing terdiri dari dua sisi, transparan dan quick, yang berwarna merah muda.
Kuku kucing terdiri dari dua sisi, transparan dan quick, yang berwarna merah muda.
Photo credit: Vetmed

1. Keluarkan kuku kucing

Sama seperti anjing, kucing tidak selalu mengeluarkan kukunya. Mereka hanya mengeluarkan kuku saat berkelahi atau memanjat. Nah, untuk menggunting kuku kucing, paw friends harus mengeluarkan kukunya dari paw. Caranya, remas paw kucing dengan lembut di bagian yang ada bantalan telapak kaki, supaya kuku keluar tapi kucing tidak kesal.

2. Ajari kucing duduk di "posisi memotong kuku" yang nyaman

Jika paw friends memotong kuku kucing seorang sendiri, kucing harus duduk di pangkuan dan bersandar pada tubuh paw friends. Kemudian pegang kaki kucing dengan satu tangan dan tangan lainnya memegang pemotong kuku.
Kalau ada yang membantu paw friends memotong kuku kucing, minta ia untuk menggendong kucing. Sementara paw friends memegang kaki kucing dengan satu tangan dan tangan satu lagi memegang gunting kuku.
Terus latih kucing untuk duduk nyaman dan dipegang kakinya. Jika kucing sudah di posisi nyaman untuk potong kuku, ia tidak akan memberontak atau kabur saat paw friends menggunting kukunya.
Jangan lupa untuk selalu kasih camilan dan pujian ke kucing, sebagai ungkapan terima kasih, ya...

 

Memotong kuku kucing sendiri

1. Tunggu waktu yang tepat

Menggunting kuku kucing tidak bisa dilakukan setiap saat, tapi paw friends perlu cari waktu saat kucing sedang santai dan tidak lagi bad mood. Misalnya waktu kucing mau atau baru bangun tidur siang, lagi leha-leha di tempat favoritnya, atau kenyang setelah makan.
Selain waktu-waktu itu, jangan pernah terpikir menggunting kuku kucing saat ia sedang bermain, lapar, atau tengah berlarian dan merasa gelisah. Alih-alih proses potong kuku berhasil, bisa jadi kucing malah akan agresif dan mencakar paw friends.


2. Menggunakan alat yang tepat

Ada dua jenis gunting yang bisa paw friends gunakan untuk memotong kuku kucing, yakni: 

Memotong kuku kucing dengan gunting kuku biasa harus di posisi tegak, agar kuku kucing tidak patah
Memotong kuku kucing dengan gunting kuku biasa harus di posisi tegak, agar kuku kucing tidak patah. 
Photo credit: Vetmed

A. Gunting kuku, paw friends bisa menggunakan gunting kuku biasa (yang paw friends pakai untuk gunting kuku sendiri) atau gunting kuku khusus untuk kucing.

Untuk paw friends  yang baru pertama kali memotong kuku kucing, sangat disarankan menggunakan gunting kuku kecil. Sementara bila sudah biasa, dan kucing sudah dewasa, bisa pakai gunting kuku besar.

Gunting Guillotine khusus untuk memotong kuku kucing
Gunting Guillotine khusus untuk memotong kuku kucing.
Photo credit: Vetmed

B. Gunting Guillotine, khusus untuk menggunting cakar. Cara pakainya, kuku kucing masuk ke lubang gunting, saat paw friends menekan gagangnya, bilah gunting akan bergeser dan memotong kuku. Gunting Guillotine cocok untuk menggunting kuku kucing yang panjang. Apapun gunting pilihan paw friends, yang penting tajam. Jadi urusan memotong kuku kucing bisa berlangsung cepat dan kucing tidak kesakitan.

3. Memotong kuku dengan lembut dan nyaman

Seperti yang sudah dibahas di atas, paw friends harus memangku kucing dengan posisi punggung kucing bersandar pada perut paw friends. Selanjutnya, genggam satu kaki kucing dan peras dengan lembut bagian atas dan bawah paw  kucing, untuk mengeluarkan cakarnya.

Cara memotong kuku kucing yang tepat, gunting menghadap ke bawah sehingga tidak mengenai bagian quick
Cara memotong kuku kucing yang tepat, gunting menghadap ke bawah sehingga tidak mengenai bagian quick.
Photo credit: Pinterest

Perhatikan cakar kucing, dan pastikan paw friends bisa membedakan bagian quick dengan sisi kuku yang transparan. Lalu mulailah gunting kuku kucing, satu per satu, dan jangan terlalu dekat dengan bagian quick.

4. Beri kucing hadiah

Menyelesaikan urusan memotong kuku kucing bukan hanya pencapaian untuk paw friends, tapi juga bagi kucing. Karenanya, perlu juga paw friends memberikan suguhan istimewa untuk si pus. Dengan begitu, ia akan cukup sukarela diajak gunting kuku, di kemudian hari.

 

Memotong kuku kucing Anda dengan bantuan

1. Pilih orang yang dikenal dan dipercayai oleh kucing

Sama seperti manusia, kucing pun enggan berurusan dengan orang yang tidak mereka kenal dekat. Untuk itu, paw friends harus meminta bantuan orang yang dikenal dan dipercaya kucing, sehingga si pus merasa nyaman saat gunting kuku.

2. Mengajak kucing ngobrol

Untuk awalan, minta orang yang membantu paw friends untuk memangku dan memeluk kucing, lalu ajaklah si pus ngobrol. Beri tahu kucing bila paw friends akan menggunting kukunya, dan mintalah orang yang memangkunya untuk mengelus atau menyikat bagian kepala maupun leher kucing, sehingga ia merasa nyaman.

3. Mulai proses gunting kuku

Selanjutnya, paw friends bisa memulai proses memotong kuku kucing seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dan akhiri semua proses dengan hadiah camilan untuk si kucing.
 

Yang harus diingat

1. Periksa kuku kucing secara teratur.

Setiap kuku kucing tumbuh dengan kecepatan berbeda, tapi paw friends dianjurkan untuk menggunting kuku kucing antara dua minggu sampai sebulan sekali. Dengan begitu, kuku kucing tidak akan terlalu panjang, terbelah, atau patah.
Untuk kucing tua, yang usianya sudah di atas 5 tahun, paw friends harus memberikan perhatian ekstra. Sebab kucing tua memiliki kuku yang tebal dan kadang-kadang bisa masuk ke bantalan paw-nya. Jadi paw friends perlu periksa kuku kucing tua pada setiap minggu, dan potong ujungnya jika perlu.
Lalu bagaimana kalau kuku kucing terlanjur tumbuh panjang dan masuk ke bantalan paw? Jika ini terjadi, paw friends perlu membawa kucing ke dokter hewan, yang kemungkinan besar akan memperoleh antibiotik.

2. Sediakan styptic pencil atau pensil penahan darah.

Styptic pencil, berbentuk seperti korek api namun agak lebih panjang. paw friends bisa juga menggunakan tongkat perak nitrat atau bubuk kauterisasi, yang semuanya dapat diperoleh di klinik hewan atau di pet shop.
Beragam alat itu ditujukan guna membantu paw friends untuk menghentikan darah, bila bagian quick tak sengaja tergunting. “Bila semua barang itu tidak ada, bisa juga menggunakan baking powder atau terigu, untuk menghentikan pendarahan,” tulis situs vcahospitals.com. Lalu bungkus kaki kucing dengan kain kasa atau handuk kecil dan berikan tekanan konstan. “Pendarahan harus berhenti dalam 5-10 menit, dan bawalah kucing ke dokter hewan dengan kaki tetap terbungkus.”

3. Tetap tenang saat memotong kuku kucing.

Saat akan dan selama menggunting kuku kucing, pastikan paw friends dan si pus dalam keadaan tenang, tidak stres atau frustasi.
Kalau tiba-tiba kucing mengaduh atau mencoba mencakar, cobalah tetap tenang dan tidak berteriak padanya. Kalau tidak, kucing akan memberontak dan tidak lagi mau dipotong kukunya.
Bagaimana jika dalam proses menggunting kuku, hanya berhasil memotong satu atau dua kuku saja? Tidak apa, hal itu adalah hal wajar. paw friends hanya perlu mencari waktu lain untuk memotong sisa kuku kucing.

4. Berguru pada dokter hewan atau groomer.

Agar proses memotong kuku kucing berjalan lebih lancar, ada baiknya paw friends meminta dokter hewan atau groomer langganan untuk mencontohkan cara menggunting kuku kucing.

Selamat mencoba!

Profil Penulis
Cornila, ibu dari dua putri dan satu putra, yang juga sibuk sebagai parent dari dua kucing, dua kelinci, dua kura-kura brazil, dua hamster dan satu anaknya, dua ikan cupang, dua ikan mas, dan dua ikan manfish.
scroll to top