Ini Cara Jitu Hilangkan Bau Pipis Kucing

Ini Cara Jitu Hilangkan Bau Pipis Kucing

Posted on 13:42 - 29 May 2019
Silvya Winny Silvya Winny Writer, Pet Parents of 4 Dogs & Cosmetic Aficionado

Ada tamu yang kurang menyenangkan di rumah Anda, paw friends. Ia adalah bau pipis kucing Anda, yang menyambut setiap kali Anda masuk rumah, hingga menyapa tamu Anda. Tenang, masalah ini bisa diatasi dengan segera, kok. Teruskan membaca karena paw indonesia mempunyai tips menghilangkan bau pipis kucing yang terkenal sangat menyengat, berikut ini.

 

1.   Jangan tunggu lama, segera bersihkan pipisnya

Semakin sedikit titik pipis kucing yang dibersihkan, tentu baunya tidak akan menyengat ke seluruh penjuru ruangan. Oleh sebab itu, ketika Anda menemukan kucing kesayangan sudah buang air kecil di luar litter box -nya, bersihkan dengan segera. Jika ia pipis di atas karpet atau furnitur Anda, The Humane Society of United States merekomendasikan untuk menutupi area tersebut dengan tisu dapur yang berdaya serap tinggi atau kertas koran. Memang tidak menghapus seluruh cairan, tapi setidaknya membantu Anda pada saat membersihkannya nanti.

Jika kucing Anda pipis di kain, pakaian, atau tirai, segera cuci dengan detergen lengkap dengan pewangi pakaian dan keringkan secepat mungkin. Kalau tak ditangani segera, semakin lama urin menempel pada kain, baunya akan makin sulit hilang. Detergen dengan baking soda atau aditif enzimatik adalah pilihan terbaik untuk membersihkan barang-barang yang terkena urin.

Apabila pipis berada di dinding atau permukaan keras, langsung bersihkan dengan lap basah yang telah diberikan karbol pembasmi kuman.

 

2.   Hilangkan noda dengan pembersih enzimatik

Pembersih enzimatik atau tak lain, pembersih kimia yang mengandung enzim, dapat menghancurkan bahan-bahan organik yang terkandung dalam urin sehingga cocok untuk menghilangkan bau, dan membuatnya kembali higienis setelah kering, menurut ApartmentTherapy.com. paw friends bisa menemukannya dengan mudah di minimarket, cukup dengan label pembersih enzim yang mengandung disinfektan dengan aroma yang pekat.  Beberapa penghilang bau tidak akan mampu menangani bau pipis kucing yang terkenal kuat dan tahan lama itu.

paw friends, kucing memiliki indera penciuman yang lebih kuat dari manusia. Walaupun Anda tak mencium bau pipisnya, sangat mungkin kucing kesayangan Anda masih menangkap baunya dan akhirnya mengotori tempat yang sama, berulang kali. Waduh...

Cegah agar si pus tidak pipis di tempat yang sama
Cegah agar si pus tidak pipis di tempat yang sama.
Photo credit: Unsplash

Ada pula spray mengandung enzimatik yang dapat membantu memecah bau pipis kucing dan memperkecil kemungkinan kucing Anda pipis di tempat yang sama. Pastikan Anda menggunakannya sesuai petunjuk, ya.

 

3.   Bersihkan area dengan vakum basah

Membersihkan karpet dengan vakum basah juga bisa menjadi alternatif. Vakum akan mengeluarkan air bersih pada kain atau karpet lalu menyedot air kotor tersebut ke dalam tangki. Ini bisa paw friends jadikan sebagai cara untuk membilas karpet yang terkena urin. Hindari menggunakan pembersih uap karena panas yang intens dapat menyebabkan bau masuk ke dalam serat karpet/kain dan makin sulit dihilangkan.

Sofa Anda bebas bau pipis kucing
Sofa Anda bebas bau pipis kucing.
Photo credit: Pexels

 

4.   Lalu semprotkan dengan penyegar udara berbasis baking-soda

Sodium bikarbonat, atau disebut dengan baking soda sangat direkomendasi untuk menyerap bau. Salah satu cara yang bisa paw friends terapkan untuk melawan bau adalah dengan menaburkannya di atas karpet/kain atau furnitur, setelah area itu dibersihkan dan kering benar. Setelah ditaburkan, diamkan selama satu jam atau lebih, lalu bersihkan. paw friends juga bisa mencoba cara yang kami temukan dari HowStuffWorks.com:

1 cangkir, dried herbs (rosemary, lavender)

1 sdt cengkih

1 sdt kayumanis bubuk

1 sdt baking soda

Taburkan di atas area bekas pipis kucing, diamkan selama 10 – 20 menit, kemudian vakum.

 

5.   Temukan cara pencegahan

Semakin banyak spot untuk pipis yang ditinggalkan kucing, semakin sulit nantinya untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut. Maka cara yang paling cerdas agar hal ini tak berulang adalah dengan menyusun tindakan pencegahan. Berikut ini beberapa caranya, paw friends:

  • Melatih kucing Anda agar terbiasa dengan litter box (kotak untuk buang kotorannya).
  • Meletakkan pembalut/penyerap sekali pakai di area yang selalu ia pipisi.
  • Cek kondisi tubuhnya ke dokter hewan untuk memeriksa apakah kucing Anda memiliki masalah ginjal atau kandung kemih.
  • Rutin membersihkan kotak kotorannya secara teratur
  • Berikan kotak kotoran tambahan jika paw friends memiliki lebih dari satu kucing di rumah.

Persahabatan dengan kucing memiliki banyak manfaat – si pus juga dapat membantu Anda dalam memelihara rumah. Nah, jangan biarkan bau pipis ini mengacaukan mood Anda di rumah ya, paw friends.

scroll to top