Cara Mengetahui Anjing Anda Sedang Kesakitan

Cara Mengetahui Anjing Anda Sedang Kesakitan

Posted on 10:46 - 28 Apr 2020
Sahiri Loing Sahiri Loing Seasoned writer & paw parent

Biasanya anjing paw friends ceria dan senang bermain, tapi kok belakangan dia lagi pendiam ya? Ekspresi cenderung murung, agak antisosial, dan makan terkadang ogah-ogahan; dan Anda pun langsung penasaran—what’s going on?

            paw friends, kalau hewan kesayangan Anda mendadak mengalami perubahan perilaku, kemungkinan besar dia tengah mengalami rasa sakit, entah sumbernya eksternal maupun internal. Apabila manusia bisa menyuarakan rasa sakit, jelas berbeda halnya dengan anjing—dan hewan lainnya—yang cenderung bakal menjauh atau mengasingkan diri.

Nah, alangkah lebih baiknya kalau paw friends tahu gejala-gejala anjing yang sedang kesakitan, seperti berikut ini:

1.       Sensitif Saat Dipegang

Jelas hewan kesayangan  paw friends tak bisa menjelaskan kalau mereka lagi kesakitan. Namun, sama seperti kita, anjing Anda bakal lebih vokal ketika mereka tengah kesakitan, mulai dari melolong, menguik saat dipegang atau digendong (terutama kalau Anda menyentuh area yang sakit), hingga ke meringis saat makan yang mungkin indikatif akan sakit gigi atau sakit saat menelan.

Kadang selera makan anjing kesayangan paw friends juga bakal berkurang
Kadang selera makan anjing kesayangan paw friends juga bakal berkurang
Photo credit: Charles Deluvio / Unsplash

2.       Suka Menjilat Bagian Tubuh Tertentu

Gejala anjing yang kesakitan bisa dilihat dari kebiasaan menjilat area tertentu pada tubuhnya, seperti telapak kaki. Kebiasaan ini sebenarnya bukan pertanda anjing paw friends kesakitan di telapak kaki tapi lebih ke upaya mereka untuk menenangkan diri. Apabila anjing terluka, maka reaksi utama mereka adalah untuk menjilat area luka tersebut, dan jika Anda tidak melihat ada luka yang visible maka sumber luka/rasa sakitnya kemungkinan berasal dari dalam.

3.       Perubahan Perilaku

Ya, seperti telah dijelaskan di atas, perubahan perilaku merupakan salah satu gejala anjing yang kesakitan. Anjing paw friends akan cenderung menjauh, lebih sering tidur, tidak suka bermain ataupun berinteraksi minta dibelai, dan murung. Sounds familiar?

4.       Tak Henti Bergerak

Saat anjing paw friends kesakitan, gejala yang ditunjukkan bisa juga dia tak henti terlihat resah dan selalu bergerak. Kalau hal ini terjadi, ada kemungkinan rasa sakitnya terlampau tak tertahankan sehingga dia tidak bisa diam meski hanya sejenak.

5.       Mendadak Agresif

Kalau anjing paw friends merasa kesakitan, terkadang mereka hanya ingin ditinggal sendiri. Oleh karena itulah anjing Anda berpotensi jadi agresif terhadap anjing lain dan bahkan bisa saja ke pemiliknya. Perilaku ini bisa dibilang merupakan perilaku alami turunan: hewan yang tinggal di alam bebas yang tengah sakit akan lebih rentan diserang oleh hewan pemangsa (predator) sehingga self-defense mereka adalah jadi lebih waspada dan agresif. Dan secara insting hewan kesayangan paw friends pun akan menunjukkan perilaku yang sama.

Segera bawa anjing kesayangan ke vet setelah menunjukkan gejala kesakitan
Segera bawa anjing kesayangan ke vet setelah menunjukkan gejala kesakitan
Photo credit: freepik

Nah apakah anjing paw friends menunjukkan gejala seperti di atas? Segera atasi dengan bawa ke dokter hewan supaya tipe pengobatannya bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan anjing Anda. Lebih cepat dirawat maka bakal lebih cepat pun masa penyembuhannya. 

 

 

Main image photo credit: Ryan Stone/Unsplash

 

 

Profil penulis

Setelah lama bermukim di Jakarta. Sahiri pindah dan berdomisili di Bali untuk mendedikasikan dirinya untuk organisasi ramah lingkungan. Waktu senggang dan akhir pekannya (serta sebagian tabungannya) dihabiskan untuk merawat dan memanjakan 4 sekawan anjing Bali rescue: Dalung, Sading, Nyanyi, dan Lotty.

scroll to top