Apa Saja Tanda Anjing Tidak Happy?

Apa Saja Tanda Anjing Tidak Happy?

Posted on 11:43 - 25 Feb 2020
Silvya Winny Silvya Winny Writer, Pet Parents of 4 Dogs & Cosmetic Aficionado

Ketika sedang mengingat anjing kesayangan, Anda sering memikirkan betapa bahagianya mereka. Mengingat saat mereka berlari sambil menjulurkan lidah, jalan-jalan keliling rumah dan bersenang-senang. Padahal, sama seperti manusia, anjing pasti bisa melalui periode feeling blue alias tidak happy. Tapi, tidak seperti manusia, mereka tidak bisa menyampaikan perasaan tidak happy itu pada Anda secara langsung. Untungnya, ada sejumlah indikasi atau tanda anjing tidak happy yang perlu Anda tahu. Nah, tugas paw friends sebagai pawrents  adalah memahami sinyal yang mereka berikan.

 

Mengapa Anjing Merasa Tidak Happy?

Rachel Barrack dari Animal Acupuncture Kota New York menyatakan, “Anjing mengalami berbagai macam emosi, mulai dari kebahagiaan, kesedihan dan bahkan depresi. Beberapa tanda-tanda depresi pada anjing sangat mirip dengan gejala yang ditunjukkan oleh orang yang mengalami depresi.”

Perasaan low mood pada anjing bisa disebabkan oleh beberapa hal, dari mulai stres, kehilangan orang yang dicintai, tidak terbiasa dengan tempat baru, melalui peristiwa traumatis hingga yang paling simpel saja, karena mereka dihinggapi rasa bosan karena perubahan besar pada rutinitas khas mereka.

Jadi, bagaimana Anda bisa tahu kalau anjing Anda tidak bahagia? Berikut tanda anjing tidak happy yang mungkin bisa membantu paw friends.

 

Tanda Anjing Tidak Happy

1. Tidak selera makan

Memiliki sedikit hasrat pada makanan bisa menjadi tanda anjing tidak happy. Namun di sisi lain, anjing yang tidak bahagia juga bisa ditandai dengan nafsu makan yang secara tiba-tiba meningkat karena makanan dapat menjadi sumber kenyamanan mereka. Baik itu peningkatan atau penurunan nafsu makan, perubahan apa pun bisa menjadi sinyal tentang kondisi pikiran hewan peliharaan. Nah, perubahan dalam kebiasaan makan juga dapat menyebabkan perubahan berat badan. Jadi jika Anda memperhatikan berat badan hewan peliharaan Anda turun atau bertambah beberapa kilo, itu bisa menjadi tanda anjing Anda tidak happy. Meksi ada beberapa faktor, namun paw friends bisa mengeliminasi kemungkinan penurunan selera makan ataupun turunnya berat badan yang terlampau drastis karena penyakit dengan mengunjungi dokter hewan.

2. Tiba-tiba galak dan menyerang

Anjing Anda cepat menggeram dan galak
Anjing Anda cepat menggeram dan galak
Photo credit: felix_w / Pixabay

Anjing yang merasakan sedih dan depresi tidak selalu kelihatan sedang sedih. Jika anjing Anda yang biasanya selalu ramah namun tiba-tiba mulai merobek furnitur atau menggeram pada orang lain (baik itu ke manusia dan hewan) maka ini mungkin menjadi tanda anjing tidak happy dan mengalami depresi.

Jika anjing Anda mulai menunjukkan serangan agresi tiba-tiba, ada baiknya mengunjungi dokter hewan sesegera mungkin. Agresi juga bisa menjadi pertanda rasa sakit fisik pada anjing. Oleh sebab itu kunjungan dokter hewan dapat benar-benar membantu Anda mengetahui apa yang sedang terjadi dan bagaimana cara mengobatinya.

3. Menghindari Anda Atau Keluarga

Memang ada beberapa hal yang mungkin membuat anjing Anda takut sehingga mereka berlari ke tempat persembunyian (seperti saat petir dan hujan, misalnya). Tapi Anda perlu merasa curiga jika anjing kesayangan menghindari Anda sepenuhnya.

Menemukan anjing Anda di lemari Anda tanpa alasan apa pun dan mendadak tidak ingin bersosialisasi mungkin merupakan tanda anjing tidak happy. Jalan terbaik adalah menemui dokter hewan untuk mengetahui apakah perilaku ini disebabkan oleh cedera fisik atau trauma emosional.

4. Tidak tertarik dengan mainan mereka

 Tidak happy begitu lihat mainan kesayangan
 Tidak happy begitu lihat mainan kesayangan
Photo credit: StockSnap / Pixabay

Sama seperti orang, kehilangan minat pada aktivitas yang sudah menjadi rutinitas bisa menjadi tanda anjing tidak merasa seperti ia biasanya yang normal dan bahagia. Jika anjing Anda biasanya selalu excited (dengan ekor bergoyang) begitu melihat mainan mereka namun tidak memperlihatkan perasaan gembira, mungkin saja kondisi emosional sedang menurun. Dapat dibilang normal jika ia mood ini tidak berlangsung lama, tapi jika ini terjadi dalam jangka waktu lama, mungkin ada baiknya untuk memeriksa kondisinya ke tangan ahli.

5. Kehilangan minat bermain atau berjalan-jalan

Ini mungkin tanda yang paling mudah untuk diperhatikan pada anjing Anda, karena hampir semua anjing suka bermain atau setidaknya saat diajak jalan-jalan. Walaupun ada saat-saat di mana mereka mungkin tidak ingin pergi ke luar (mungkin karena terlalu panas untuk mereka) namun paw friends boleh jadi curiga jika mereka tidak bersemangat sama sekali.

Jika paw friends mendapati si kesayangan tiba-tiba menjadi kurang aktif dan tidak bersemangat dari biasanya ketika akan diajak jalan-jalan, coba cari tahu lebih lanjut dengan mengunjungi dokter hewan.

6. Jadi lebih sering tidur dari biasanya

Jam tidurnya jadi panjang sekali
Jam tidurnya jadi panjang sekali
Photo credit: Andrew Santellan / Unsplash

Kita semua tahu anjing sangat suka tidur. Faktanya, memang itulah yang kebanyakan mereka lakukan ketika Anda sedang di tempat kerja dan bukan di rumah. Meskipun beberapa jenis anjing lebih suka tidur (seperti bulldog, shih tzu, mastiff, French bulldog, Greyhound), Anda mungkin akan sadar jika jadwal tidur anjing Anda berbeda dari biasanya.

Perhatikan deh, apakah anjing kesayangan tidak menyambut Anda ketika tiba di rumah dan tidak bereaksi pada kehadiran Anda, kemudian cek apakah ia habis begadang semalaman sehingga kehilangan semangat. Jika iya, mungkin Anda perlu membawanya ke dokter hewan untuk mencari tahu apa yang salah.

7. Menjilat atau mengunyah berlebihan

Anjing mengunyah atau menggigit mainan berlebihan
Anjing mengunyah atau menggigit mainan berlebihan
Photo credit: lenestrand85 / Pixabay

Saat anjing menjilat dan mengunyah cakar mereka, mungkin mereka mencoba membersihkan diri atau menggaruk bagian yang gatal. Meski begitu, ini bisa menjadi tanda ia sedang mencoba menenangkan diri sendiri karena merasa sedih atau tidak happy.

"Kebanyakan orang tidak sadar, tetapi menjilati berlebihan (atau mengunyah) bisa menjadi cara menenangkan diri," kata pakar kesehatan hewan Dr. Gary Richter. Jika hewan peliharaan Anda menjilati atau mengunyah berlebihan, pastikan apakah itu disebabkan oleh gigitan serangga ataukah karena kondisi kulitnya yang sedang gatal karena kutu atau jamur.

Ada banyak penyebab yang menyebabkan mood anjing jadi tidak happy, dari mulai memiliki anjing baru (sehingga ia jadi merasa tidak dihiraukan), pindah ke lingkungan yang baru, dan banyak lagi. Untungnya, ada banyak cara untuk membantu anjing keluar dari keterpurukan emosional. Mempertimbangkan perasaan seekor anjing adalah langkah pertama yang bisa paw friends lakukan untuk mengembalikan mereka ke keadaan semula -- yang bahagia dan sehat. Jika anjing paw friends mengalami penurunan mood yang berkepanjangan dan menunjukkan tanda anjing tidak happy, Anda mungkin ingin memeriksakan ia ke dokter hewan untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

 

Photo credit main image: Isabela Kronemberger / Unsplash

Profil Penulis

Selain ngomongin kosmetik dan olahraga, wanita ini sukaaaa sekali kopi susu. Bicara soal anjing, dia adalah dog parents yang bakal mellow kalau ngomongin soal anjing pertamanya, Lilo, disusul Bento, Chelsea, dan Zippo.

scroll to top