5 Tips Merawat Kucing Setelah Disteril

5 Tips Merawat Kucing Setelah Disteril

Posted on 21:44 - 27 Nov 2020
Ade Irawan Ade Irawan Seasoned writer & paw parent

paw friends pasti sudah sering dengar istilah steril atau kebiri pada kucing, bukan? Tapi apakah paw friends tahu manfaat kucing disteril?

Satu hal yang pasti dari manfaat kucing disteril adalah mengurangi jumlah kelahiran anak kucing, mungkin nantinya mereka malah terlantar. Selain itu, kucing steril memiliki harapan hidup lebih lama ketimbang yang tidak disteril dan mereka tidak lagi buang air disembarang tempat.

Nah setelah tahu manfaat kucing disteril, lalu bagaimana dengan perawatan kucing setelah dikebiri?

Satu hal yang perlu paw friends tahu adalah kucing mirip dengan manusia, terutama bila berurusan dengan obat, rumah sakit, atau operasi. Saat atau setelah kita menjalani operasi, meski itu operasi kecil, biasanya kita perlu didampingi keluarga atau teman, agar kita merasa tenang dan juga nyaman.

Begitu juga dengan kucing. Saat dan setelah disteril, sangat dianjurkan bila paw friends ada di sebelahnya. Dengan begitu dia tidak merasa ketakutan. Selain kehadiran paw friends di sisi kucing, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan agar si pus nyaman dan membantu proses penyembuhan luka operasinya:

 

Konsultasi dengan dokter hewan

Konsultasi dengan dokter hewan sebelum dan sesudah kucing operasi steril
Konsultasi dengan dokter hewan sebelum dan sesudah kucing operasi steril
Photo credit: Hush Naidoo (Unsplash)

Setelah kucing disterilisasi, paw friends perlu luangkan waktu untuk menjemputnya dan berkonsultasi langsung dengan dokter hewan. Saat itu, paw friends perlu mencatat obat-obatan yang perlu diberikan ke kucing selama masa penyembuhan. 

Saat masih di klinik hewan dan sedang berkonsultasi dengan dokter, penting juga untuk paw friends  melihat dan memotret luka bekas operasi pada perut kucing. Tujuannya untuk membantu paw friends memantau proses penyembuhan luka itu, di kemudian hari. Dari dokter, paw friends juga bisa belajar memasang atau melepaskan kerah corong dari leher kucing. Kerah ini wajib dipakai kucing selama masa penyembuhan, untuk menahan keinginannya menjilat-jilat bekas luka operasi yang bisa memperlama proses penyembuhannya.
 

Kucing perlu banyak istirahat di masa penyembuhan

Setelah operasi steril, kucing perlu banyak istirahat
Setelah operasi steril, kucing perlu banyak istirahat
Photo credit: KatinkavomWolfenmond (Pixabay)

Rerata kucing memerlukan waktu sekitar 14 hari, sejak setelah operasi steril, untuk kembali pulih. Selama itu, paw friends harus memastikan bila si pus banyak istirahat dan tidak melakukan kegiatan fisik, seperti berlari, melompat, becanda atau berguling-guling dengan saudara maupun temannya. Tujuannya tentu saja agar luka jahitannya tidak terbuka, mengalami pendarahan, terinfeksi, dan pastinya supaya  ia lekas pulih.

Selama masa penyembuhan itu, paw friends perlu menyediakan ruangan khusus untuk si pus. Berikan alas tidur yang nyaman dan simpan segala mainan dari pandangan kucing. Dalam kondisi seperti itu, dengan sendirinya kucing akan beristirahat dan lebih banyak tidur ketimbang aktivitas fisik.

Oya, perlu juga bagi paw friends untuk memberitahukan orang-orang di rumah agar tetap menjaga si pus tenang dalam kamarnya, dan menjauhkan peliharaan lain atau anak-anak dari dia. Sehingga tidak ada hewan peliharaan lain atau krucil yang mengendap-endap masuk ke kamar si pus dan mengajaknya main.

 

Penuhi kebutuhan dasar kucing

Sediakan tempat makan dan litter box di kamar kucing
Sediakan tempat makan dan litter box di kamar kucing
Photo Credit: Rihaij (Pixabay)

Selain menyediakan tempat tidur yang nyaman buat si pus, paw friends juga perlu mengatur cahaya di ruangan tersebut agar tidak terlalu terang dan gelap. Bila ruangan terpapar langsung sinar matahari, pastikan jendela di kamar itu tertutup dengan gorden tipis agar cahaya tetap masuk tapi tidak menyengat.

Di kamar itu, paw friends juga perlu menyediakan wadah makan, minum, dan kotak kotoran yang selalu diganti secara berkala. Nah, kalau selama ini kucing menggunakan kotak pasir untuk buang air, di saat penyembuhan ini sangat dianjurkan agar paw friends mengganti pasir itu dengan potongan koran bekas.

Kenapa? “Sebab debu dari pasir bisa menempel pada bekas luka kucing dan menyebabkan infeksi,” tulis wikihow.com.

Sementara soal makanan, paw friends disarankan memberikan makan dan minum ke kucing, 2-4 jam setelah ia sampai di rumah. Tapi (lagi-lagi seperti manusia) kucing bisa kehilangan nafsu makannya setelah proses operasi. Karena itu, paw friends perlu sabar saat memberikannya makan.

Untuk awalan, paw friends bisa coba memberikan makan seperempat porsi makan dari porsi normalnya. Kalau dia mau menghabiskan makanan itu, paw friends bisa kembali menawarkannya makan 3-6 jam kemudian. Tapi kalau dia benar-benar tidak nafsu makan, paw friends bisa mengoleskan kapas yang sudah ditetesi sirup maple atau sirup jagung ke gusinya.

Kalau biasanya kucing suka makan camilan (snack) atau minum susu, di masa perawatan ini mereka harus absen dari jenis asupan itu. Sebab snack akan membuatnya mulas dan susu tidak akan bisa dicerna perutnya. Alih-alih perut kucing jadi bermasalah, lebih baik memberikannya makanan pokok yang kaya gizi dan air putih.

 

Kucing perlu absen mandi setelah proses sterilisasi

Usai operasi steril, kucing harus absen mandi beberapa hari
Usai operasi steril, kucing harus absen mandi beberapa hari
Photo credit: Tookapic (Pixabay)

Mungkin sebelumnya paw friends rajin mengajak si pus mandi, satu-dua minggu sekali. Tapi setelah kucing disteril, sangat disarankan agar paw friends tidak memandikannya, minimal selama 10 hari setelah operasi. 

Kenapa? “Sebab memandikan kucing sebelum genap 10 hari setelah waktu operasi bisa membuat luka jahitan terbuka atau memperlama proses pengeringan luka,” tulis situs aspca.org. “Sehingga penyembuhannya jadi lebih lama.” 

Lalu bagaimana kalau paw friends mengadopsi kucing terlantar yang habis disteril atau bulu si kucing peliharaan terkena kotorannya sendiri? Kalau kondisinya memang mengharuskan kucing dimandikan, paw friends bisa membersihkan tubuhnya dengan sampo kucing tanpa air -- dikenal juga dengan sebutan dry shampoo yang tak perlu dibilas dengan air-- tanpa mendekati area bekas operasi.

Cara lainnya, paw friends bisa membersihkan bagian tubuh kucing yang kotor menggunakan tisu basah atau handuk kecil yang agak basah.

 

Pantau kondisi si pus

Setelah operasi steril, jauhkan kucing dari kegitan fisik yang melelahkan
Setelah operasi steril, jauhkan kucing dari kegitan fisik yang melelahkan
Photo credit: Tookapic (Pixabay)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, umumnya kucing bisa beraktivitas normal setelah 14 hari dari sejak operasi. Namun untuk pemantauan intensifnya, paw friends perlu melakukannya sekitar 24-72 jam sejak masa operasi. Selama itu, paw friends perlu memperhatikan apakah luka jahitan pada kucing mengalami pendarahan, pembengkakan, atau berwarna kemerahan ringan yang cenderung normal. 

“Sedikit memar atau ada rembesan sedikit darah dari luka jahitan, dalam jangka 24 jam setelah operasi , itu masih normal,” tulis situs cuteness.com. Selama bekas luka jahitan itu tampak tertutup rapi dan bersih, paw parents tidak perlu terlalu khawatir. “Tapi jika rembesan darah atau cairan lain tetap keluar setelah 24 jam, atau luka jahitan membengkak, warnanya jadi sangat merah dan bau tak sedap, langsung bawa kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.”

Selain memantau proses penyembuhan luka operasi, jangan lupa untuk memberikannya obat yang sudah diresepkan dokter, secara teratur dan anjuran dokter. “Setelah 72 jam dan kucing tampak sudah sangat bugar, secara bertahap, ia bisa mulai main di luar kamar atau kandangnya,” tulis cuteness.com. “Tapi tetap pantau aktivitasnya, jangan biarkan dia langsung melakukan aktivitas fisik yang berat, seperti lari, bergumul, atau melompat dari ketinggian.”

Merawat kucing setelah disteril sesungguhnya tidak terlalu sulit. Asalkan paw friends mengikuti anjuran dokter, dan tetap berkonsultasi dengannya pasca-operasi, kucing bisa cepat sembuh dan beraktivitas normal lagi.

scroll to top