Reggie, Si Goose The Cat di Film Captain Marvel

Reggie, Si Goose The Cat di Film Captain Marvel

Posted on 16:04 - 19 Aug 2019
Andhini Puteri Lestari Andhini Puteri Lestari Content Expert & Dog Lover

Bagaimana jika kucing kesayangan paw friends ternyata alien dan bisa mengeluarkan tentakel dari dalam mulutnya? Oopsie, so scary!! Tapi hal ini mungkin saja buat Goose The Cat! Kucing orange tabby yang jadi pahlawan di detik-detik terakhir ini memang anggota Avengers paling cute (sekaligus cukup powerful, satu-satunya yang bisa menelan Tesseract!).

Buat paw friends yang belum menonton Captain Marvel, coba baca artikel ini dan kenalan sama our furry friend satu ini.

Kucing Alien

Yup,  meski tampak seperti kucing rumahan yang tinggal di bumi, Goose bukanlah kucing biasa. Ia adalah sesosok spesies alien yang disebut Flerken, peliharaan Mar-Vell. Setelah pemiliknya ini wafat, ia pun ikut bersama Carol Danvers dan Nick Fury ke luar angkasa, dalam misi menemukan Mar-Vell’s Laboratory. Goose bukanlah nama aslinya, dalam versi komik, ia dinamakan Chewie, namun dalam film namanya diganti menjadi Goose, terinspirasi dari nama Nick "Goose" Bradshaw, partner Tom Cruise dalam film Top Gun. 

Goose punya tentakel di mulutnya yang bisa menelan objek-objek besar dan berjasa besar dalam menyelamatkan para pengungsi Skrull dari Starforce dan tentara Kree. Ia jugalah yang membutakan mata kiri Agen Fury (meskipun pada akhirnya Fury-lah yang merawat Goose di kemudian hari).

Goose alias Chewie di komiknya.
Goose alias Chewie di komiknya. Foto: Dok. Twitter.com

Goose The Cat dimainkan oleh kucing asli!

Setelah kemunculannya di film Captain Marvel, Goose menjadi seleb. Hashtags #GoosetheCat atau #GooseElGato berhamburan di sosial media para pencinta kucing, bahkan merchandise-nya pun dijual! 

‘Aktor’ berbulu dan menggemaskan ini bernama Reggie. Ia adalah kucing berusia 12 tahun dan lolos casting dari Animals for Hollywood karena wajahnya sangat ekspresif. Selain Reggie, ada tiga kucing lainnya yang menjadi “stunt cats”. Mereka adalah Archie, Gonzo, dan Rizzo. Ketiga kucing ini akan siaga menggantikan Reggie jika ia merasa lelah saat proses syuting. 

Meski dimainkan oleh kucing asli, tentu saja aktingnya juga dipadukan dengan animasi komputer (CGI) untuk menghadirkan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan kucing biasa (seperti mengeluarkan tentakel dan melawan penjahat!). 

Proses syuting Reggie 

Saat proses syuting berlangsung, dihadirkan Ursula Brauner, seorang onset trainers dari Animals of Hollywood. Ia jugalah yang ikut meng-casting kucing-kucing ini. Reggie menjadi kucing yang paling berpengalaman jika berhadapan dengan kamera. 

Reggie bukan saja bisa menghadirkan ekspresi-ekspresi yang diminta sang sutradara, tapi juga mudah diarahkan. “Kami menemukan bahwa ia bahkan lebih mudah diarahkan dari para aktor yang bekerjasama dengan kami,” ujar Anna Boden, sang sutradara. 

Reggie si kucing penurut
Reggie si kucing penurut. Foto: Dok. Forbes

Untuk mempermudah Reggie mengikuti arahan saat proses syuting, ia diinstruksikan untuk pergi ke arah tertentu dan menginjak tanda untuk posisi ia berdiam. Kucing-kucing di lokasi syuting ini sudah terlatih untuk melakukan banyak hal juga mendengar suara yang berbeda, “Satu bunyi berarti jalan, satu bunyi berarti lari… Ini selalu butuh perbaikan. Kami berusaha berkomunikasi dengan kucing-kucing dengan apa yang akan mereka lakukan. Kami harus menjelaskan pada kucing-kucing ini, apa yang harus mereka lakukan… Caranya sangat mudah dan bisa mengajarkan mereka untuk terbiasa dengan lingkungan syuting,” ujar Brauner. 

Selama kucing-kucing ini masih menunggu giliran syuting, mereka ditempatkan di sebuah area yang gelap dan adem. Para wartawan yang datang ke lokasi syuting diperbolehkan bermain bersama mereka di area tersebut. 

Reggie saat promo film diadakan.
Reggie saat promo film diadakan. Foto: Dok.USA Today

Lucunya, ternyata sang pemeran Carol Danvers; Brie Larson mempunyai alergi terhadap kucing. Maka untuk mengakalinya, kucing-kucing boneka disediakan untuk Brie jika ada adegan yang mengharuskannya memegang Goose. Brie pun selalu sedia hand sanitizer dan berjaga-jaga agar bulu Reggie tidak menempel di kostumnya. Hal ini pun menjadi bahan bercandaan para kru film. 

Lain lagi dengan pengalaman Samuel L. Jackson saat berhadapan dengan Reggie. Jackson sebenarnya bukan cat person namun ternyata kucing-kucing di lokasi syuting sangat senang dan nyaman ada di dekat pemeran Nick Fury ini. Kalimat yang dilontarkan Samuel di film, "Aren't you the cutest little thing?" akhirnya benar-benar bisa diucapkan Samuel sepenuh hati, sebab sekian lama syuting bersama Reggie, ia pun jadi mulai menyukai kucing. 

Profil Penulis
Andhini adalah Content Expert dan dog parents untuk Cola, Whiskey, & Benji. Selain sangat cinta pada dunia teater dan snacks, ia sangat suka pada binatang (semua binatang) selain musuh terbesarnya: kecoak!
scroll to top