Nala Cat, Kucing Penerima Penghargaan Guinness World Records

Nala Cat, Kucing Penerima Penghargaan Guinness World Records

Posted on 14:22 - 17 Oct 2019
Cornila Desyana Cornila Desyana Penulis dan Penyuka Binatang

Memiliki followers Instagram terbanyak, ternyata bisa dapat penghargaan Guinness World Records, loh. Seperti penghargaan yang diperoleh Nala Cat, karena memiliki 3,7 juta pengikut di akun Instagramnya, @nala_cat, pada 3 Mei 2017.

Nala berpose dengan sertifikat Guinness World Records
Nala berpose dengan sertifikat Guinness World Records. Foto: Instagram

Bagaimana awal Nala Cat eksis di Instagram?

Nala sebetulnya hanya kucing biasa, dengan ras percampuran Siamese/Tabby. Dia lahir sekitar tahun 2011, di keluarga yang memiliki banyak kucing. Karena kondisi itu, Nala dan beberapa saudaranya ditaruh di tempat penampungan hewan.

Di tempat penampungan hewan, saudara-saudara Nala lebih dulu bertemu dengan keluarga baru mereka. Tinggal Nala sendiri di sana. Saat itulah, Nala bertemu dengan Pookie Varisiri.

Nala Cat mandi di bathtub
Nala Cat mandi di bathtub. Foto: Instagram

“Waktu itu, saya dan teman hanya ingin jalan-jalan dan lihat hewan di tempat penampungan,” cerita Pookie di situs mediakix.com. “Tapi waktu melihat Nala, saya merasa harus mengadopsi dan membawanya pulang.”

Usia Nala waktu itu baru lima bulan. Pookie sendiri memberikannya nama Nala karena terinspirasi dari tokoh Nala, di film The Lion King. Dia juga suka memotret Nala, karena matanya yang bulat besar dan berwarna biru.

Nala Cat dengan mata bulat besar berwarna biru
Nala Cat dengan mata bulat besar berwarna biru. Foto: Instagram

“Saya memfoto Nala dan mengirim ke keluarga di Thailand,” kata Pookie. “Lalu adik saya menyarankan saya supaya mengunggah foto Nala di Instagram.”

Saat itu, usia Instagram baru masuk tahun kedua sejak launching.  Karenanya, Pookie hanya berharap Nala Cat bisa memiliki 500 pengikut. Nyatanya, pengikut akun Nala Cat mencapai jutaan. Bahkan di Juni 2019, tercatat 4,2 juta followers akun Nala Cat.

Foto: Instagram

“Saya pikir, Nala Cat salah satu akun kucing pertama yang posting foto di Instagram,” kata Pookie. “Saat itu, orang-orang berkomentar kalau wajahnya seperti karakter kartun, dia tidak terlihat seperti kucing sungguhan.”

Nala Cat, kucing ras percampuran Siamese/Tabby
Nala Cat, kucing ras percampuran Siamese/Tabby. Foto: Instagram

Mengapa Nala Cat memiliki jutaan pengikut di Instagram?

Sejak awal mengunggah foto Nala Cat, Pookie selalu mencoba memberikan konten yang otentik dan apa adanya. “Saya mencoba menjadi diri sendiri, tapi juga mempertimbangkan masukan orang-orang,” kata Pookie.

Nala Cat dan kalender dengan deretan foto wajahnya
Nala Cat dan kalender dengan deretan foto wajahnya. Foto: Instagram

Dan selama setahun terakhir, Pookie juga sering memunculkan Nala di Instagram Live. Hasilnya, cukup menggembirakan. “Banyak orang yang berkomentar kalau video Nala membuat mereka merasa lebih baik, setelah melalui hari buruk,” kata Pookie. “Saya rasa, Nala sudah menyebarkan virus positif, yang membuat orang-orang menyukainya di Instagram.”

Nala Cat dalam balutan kostum supercat
Nala Cat dalam balutan kostum supercat. Foto: Instagram

Nala dan para saudaranya

Nala Cat dengan saudara kucingnya
Nala Cat dengan saudara kucingnya. Foto: Instagram

Saudara kandung Nala memang sudah diadopsi keluarga lain. Tapi itu tak berarti, Nala tidak punya saudara kucing. Bersama Pookie, Nala tinggal dengan tiga kucing lainnya. Mereka adalah Luna Rose, Stella & Steve, dan White Coffee. Juga ada satu saudara anjing, Spencer.Luna Rose dan White Coffee begitu dekat. Mereka tidur bersama, saling merawat dan menjilat, juga berbagi makanan. “Tapi tidak begitu dengan Luna. Ia ibarat seorang ratu,” kata Pookie.

Nala tidak suka dipeluk.
Nala tidak suka dipeluk. Foto: Instagram

Luna Rose bersaudara tahu betul batasan mereka terhadap Nala. Mereka tidak akan mendekati Nala, bila ia tidak menginginkannya. Bahkan Pookie tidak bisa memeluk Nala sesuka hatinya. “Saya tidak bisa sembarangan memeluk Nala, tapi harus menunggunya mendatangi saya,” kata Pookie. “Pada dasarnya sih, ia sama seperti kucing pada umumnya, suka main dan selalu penasaran. Tapi Nala melakukannya dengan caranya sendiri.”

Nala Cat dan Luna Rose
Nala Cat dan Luna Rose. Foto: Instagram

Nala Cat dan kegiatan amalnya

Pookie memperoleh Nala dari penampungan hewan. Itu juga yang membuat Pookie menggalang dana untuk membantu hewan-hewan di tempat penampungan.

“Ada banyak hewan-hewan yang terlantar di tempat penampungan,” kata Nala di simonscat.com. “Dan mereka layak mendapatkan rumah yang penuh kasih sayang.”
 

Nala Cat dan White Coffee bersama boneka plush mereka
Nala Cat dan White Coffee bersama boneka plush mereka. Foto: Instagram

Karena itu, Pookie membuat berbagai macam benda dan pernak-pernik yang menampilkan wajah Nala Cat, juga White Coffee. Benda-benda itu dijual lewat akun Instagram Nala dan White Coffee, serta blog nalacat.com

“Hasil penjualan itu kami donasikan ke tempat penampungan hewan, sebulan sekali,” tulis Pookie di blog nalacat.com.

Nala Cat
Nala Cat. Foto: Instagram

Nala memang menggemaskan. Memiliki bulu tebal, wajah bundar, badan bundar, dan kadang lidah menjulur keluar saat di foto, membuat pecinta kucing -seperti saya- betah men-scroll Instagram feed Nala demi melihat tingkatnya.

Profil Penulis
Cornila, ibu dari dua putri dan satu putra, yang juga sibuk sebagai parent dari dua kucing, dua kelinci, dua kura-kura brazil, dua hamster dan satu anaknya, dua ikan cupang, dua ikan mas, dan dua ikan manfish.
scroll to top