Vodka & Latte, One Stop Destination buat Anjing

Vodka & Latte, One Stop Destination buat Anjing

Posted on 01:51 - 07 Sep 2018
paw Indonesia paw Indonesia pawesome

Semua berawal dari cinta. Begitulah awal mula berdirinya Vodka & Latte, Kemang, Jakarta Selatan. Nama grooming salon itu sendiri berasal dari nama anjing pemilik Vodka & Latte, yakni Vodka yang merupakan anjing ras West Highland White Terrier dan anjing Puddle-nya, Latte.

“Vodka & Latte berawal dari kecintaan pemiliknya dengan kedua anjingnya,” kata Robby Maulana, Business Developer Manager Vodka & Latte, ketika dihubungi paw.id, Selasa (28/8). Kala itu, sekitar tahun 2014 dan masih belum ada grooming salon yang lengkap. “Yang dicari saat itu, salon yang rapi dan bersih. Tapi kebanyakan hanya salon kecil, seperti di ruko.”

Dalam perjalanan dinas ke Jepang, di sanalah muncul ide untuk mendirikan grooming salon yang lengkap dan modern. Itulah sebabnya, metode yang tersedia di Vodka Latte Kemang menggunakan treatment ala Negeri Sakura. 

“Jepang memang memiliki standar sangat tinggi untuk grooming styling anjing,” kata Robby. Vodka Latte sendiri memiliki tiga stylist yang diterbangkan langsung dari Jepang, dan beberapa stylist lokal.

Grooming dan styling anjing di Vodka and Latte
Sumber: Instagram @vodkaandlatte

Para stylist itu merupakan rekomendasi dari Tetsuya Yoshida, pemilik Top Dogs salon di Jepang. Yoshida juga memberikan pelatihan kepada para groomer Indonesia. Selama beberapa bulan mereka harus menjalani pelatihan, terutama belajar menangani anjing dari berbagai ukuran dan karakter. 

Tidak hanya terapis saja yang berasal dari Jepang. Penggunaan alat, teknik, sampo, sabun, dan sebagainya juga diimpor dari sana. Menurut Robby, untuk sabun dan sampo yang digunakan berbahan baku organik herbal yang dikhususkan untuk anjing. “Jadi aman digunakan,” ujarnya.

 

Fasilitas di Vodka Latte

Sebagai pencinta anjing, sekiranya fasilitas apa yang paw friends harapkan dari sebuah salon grooming? Pemandian, spa, hotel, taman bermain, atau tempat penitipan? Di Vodka & Latte, paw friends cukup menyebutkan fasilitas yang diinginkan dan tadaaaaaa...anjing kesayangan pun bisa menikmatinya.

Ya, Vodka & Latte memang memiliki fasilitas yang sungguh lengkap. Berdiri di atas lahan seluas 2.000m2, Vodka & Latte menyediakan jasa Wash & Trimming, Styling, Spa, Daycare, Boarding Hotel, Dog Park, Playground & Dog Swimming Pool, Colouring & Tattoo, juga ada Café Oh La La untuk anjing dan pemilik.

“Kami memang ingin mengedukasi para pemilik anjing bila mereka bukan hanya peliharaan, tapi juga teman dan anggota keluarga,” kata Robby. “Karenanya mereka juga perlu perawatan khusus dan bagus.”

Pada area grooming, Vodka & Latte memberikan sekat transparan yang membuat paw friends bisa melihat kegiatan mandi anjing kesayangan. Selain itu, setiap anjing akan diberikan treatment spesial saat mandi, yakni dua kali penyampoan, satu kali kondisioner, penggunaan air hangat, pengguntingan bulu di daerah bokong, juga pemotongan dan pengikiran kuku anjing. 

“Biaya untuk mandi beragam, berdasarkan berat badan anjing. Tapi rata-rata kami membaginya berdasarkan ukuran small, medium, atau large,” ujarnya. “Kalau baiaya untuk styling bulu, tergantung siapa stylist yang digunakan, lokal atau yang dari Jepang.”

Sementara di area salon, si doggy bisa menikmati pemijatan dan spa. Kalau mau bergaya, bisa juga paw friends meminta tim stylist Vodka & Latte untuk membuat tato di bulu anjing, atau mewarnainya. “Tato di sini bukan seperti tato pada manusia,” kata Robby. “Tapi kami memotong dan membentuk bulu anjing, misalnya menjadi bentuk love.”

Untuk pewarnaan bulu, Robby menceritakan bila colouring itu hanya bersifat sementara dan menggunakan pewarna herbal yang aman untuk anjing. Kata Robby, proses pewarnaan itu tanpa menggunakan bleaching, seperti yang awam dilakukan orang saat mewarnai rambutnya. Selain itu, pewarnaan dilakukan sebelum anjing dimandikan.

“Tapi sebetulnya orang Indonesia kurang suka model yang aneh-aneh,” ujarnya. Para pelanggan Vodka & Latte sendiri lebih suka anjingnya dibuat dengan potongan bulu yang cantik, lucu, dan rapi. “Kalau Puddle, biasanya mereka minta teddy cute style.”

Untuk menginap di Boarding Hotel sendiri, Vodka & Latte memiliki beberapa jenis kamar penginapan: standard room, superior room, dan deluxe room. Standard room sendiri berupa kandang alumunium, yang dilengkapi kasur khusus anjing dan selimut. 

Di superior room, anjing akan menginap di ruangan mini yang dibatasi pagar dan tidur pada kasur berstandar premium. Sementara pada deluxe room, anjing menginap dan bisa bersantai dengan iringan relaxing music dan aroma terapi, juga mendapatkan free snack, mainan.

Kamar hotel anjing di Vodka & Latte
Sumber: Instagram @vodkaandlatte

“Semua kamar dilengkapi kamera CCTV, lampu malam, dan lampu siang, tempat makan dan minum, juga diajak main tiga kali dalam sehari,” kata Robby. Namun untuk makanan, setiap pemilik harus membawa makanan anjing sendiri. “Karena setiap anjing memiliki jenis dan merek makanan masing-masing,” ujarnya.

Dengan fasilitas berbeda, rate kamar yang diterapkan pun beragam. Sementara mengenai waktu minimal menginap, Vodka & Latte tidak menerapkannya. Setiap anjing bisa menginap hanya semalam atau hingga berminggu-minggu. “Untuk anjing yang menginap dalam waktu panjang, kami berikan fasilitas mandi gratis, tujuh hari sekali,” kata dia.

Fokus pada dunia anjing membuat pengunjung Vodka & Latte terus meningkat. Pada hari kerja saja, ada sekitar 30-50 anjing yang bertandang dan jumlahnya meningkat pada akhir pekan. Ada yang khusus untuk melakukan perawatan, menginap, berenang, membeli makanan atau aksesori, atau sekadar main di Dog Park. Sementara rata-rata pemilik anjing yang datang ke Vodka & Latte mengeluarkan biaya Rp1 juta hingga Rp5 juta lebih, untuk keperluan hewan kesayangan mereka.

 

 

Syarat Ajak Anjing ke Vodka & Latte

Bedding dan kamar hotel anjing di Vodka and Latte
Sumber: Instagram @vodkaandlatte

Vodka & Latte bukan hanya memiliki standar tinggi untuk fasilitas dan pelayanan yang mereka berikan. Dari segi syarat menerima konsumen anjing mereka pun menerapkan standar tinggi. 

Menurut Robby, anjing yang pertama kali berkunjung ke Vodka & Latte perlu menjalani pemeriksaan tubuh (body checking). Pemeriksaan ini untuk mengecek apakah ada lebih dari lima kutu di tubuh anjing, apakah ada jamur di kulitnya, atau apakah anjing dalam kondisi sehat atau tidak. Semua pengecekan itu untuk memastikan anjing sehat dan tidak menularkan penyakit atau kutu ke anjing yang lain. “Anjing yang pertama kali datang juga harus membawa buku vaksin, dan menunjukkan sudah mendapatkan vaksin rabies,” katanya.

Pengecekan itu sendiri tidak hanya berlaku buat anjing yang akan menginap. Anjing yang datang hanya untuk main pun diperiksa. Kalau dari hasil pemeriksaan menunjukkan anjing dalam kondisi kurang sehat, staf Vodka & Latte akan menyarankannya untuk beristirahat di rumah dulu. 

Buka sejak pukul 09.00-20.00, pengunjung Vodka & Latte berasal dari anjing berbagai ukuran dan ras. Soal besar kecilnya ukuran anjing, menurut Robby tidaklah mempengaruhi treatment yang diberikan para staf. Yang membuat penanganan berbeda adalah karakter dari masing-masing anjing. Sebab ada anjing berukuran kecil tapi jarang bersosialisasi jadi lebih berisik dan antipati dengan orang atau anjing lain, ada juga anjing ukuran besar namun kepribadiannya tenang dan lebih santai.

“Anjing yang berkunjung didominasi anjing ukuran small sampai medium, seperti Puddle, Pomeranian, Shih Tzu, Bulldog, tapi juga ada anjing besar seperti German Shepard dan Golden Retrivier,” kata Robby. “Dan challenge-nya adalah menghadapi karakter mereka.”

 

Tips Merawat Anjing dari Vodka & Latte

  1. Keinginan merawat anjing harus dari dalam hati, bukan hobi atau karena melihat orang lain yang memelihara anjing.
  2. Anjing yang dipelihara harus diberikan vaksin, agar tidak mudah terinfeksi penyakit atau menularkan penyakit.
  3. Kebersihan tubuh anjing sangat penting. Anjing perlu mandi, minimal seminggu sekali, dengan air hangat, dan sebelum jam 17.00.
  4. Ruangan tempat tinggal anjing harus selalu bersih dan tidak lembap, sehingga anjing tidak diserang kutu serta jamur.
  5. Jaga pola makan seimbang agar anjing tidak obesitas.
  6. Perhatikan kecenderungan alergi anjing pada makanan tertentu, seperti ayam, susu, atau daging sapi.
  7. Hindari menu makan anjing dari garam, tahu, juga cokelat.
scroll to top