10 Ide Olahraga Menyenangkan untuk Anjing

10 Ide Olahraga Menyenangkan untuk Anjing

Posted on 10:20 - 07 Sep 2019
Silvya Winny Silvya Winny Writer, Pet Parents of 4 Dogs & Cosmetic Aficionado

Kalau Anda saja butuh olahraga, anjing peliharaan Anda juga butuh olahraga fisik untuk menyalurkan energi mereka. paw friends sudah tahu belum apa sih manfaat olahraga untuk anjing Anda? 

Olahraga bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental anjing, sekaligus mengurangi perilaku yang tidak diinginkan karena kebosanan dan kecemasan. 

Namun, sebelum melakukan olahraga bersama anjing kesayangan, ada baiknya untuk mengetahui olahraga apa yang cocok berdasarkan jenis dan ukuran anjing Anda ya, paw friends. Berikut ide olahraga untuk anjing Anda yang bisa membuat anjing lebih banyak bergerak.  

1. Jalan Kaki

Best For: semua jenis anjing

Aktivitas jalan pagi
Aktivitas jalan pagi. Foto: Unsplash

Okay, kalau soal jalan pasti ini sudah menjadi agenda paw friends dan hewan kesayangan. Tapi apakah Anda sudah menjalankan aktivitas jalan pagi ini sebagai bagian gaya hidup olahraga anjing Anda secara rutin? 

Nah, mulailah dengan pola dan cara yang baru. Misalnya, gantian Anda yang mengikuti si doggie ke mana pun mereka ingin pergi (kecuali, saat mereka menerjang hewan lain ya). Atau, berikan waktu tambahan untuk melakukan jalan atau lari cepat setiap blok kemudian turunkan kecepatan pada waktu tertentu.

Beri batasan waktu olahraga serta jarak yang harus dijalani setiap harinya, misalnya 20 menit sehari di masa awal. Lalu tambahkan target waktu olahraga secara bertahap di kemudian hari.

2. Berenang

Best For: Labrador Retriever, Water Spaniel, Golden Retriever, Irish Setter, English Setter dan Newfoundland. 

Ajak si kaki empat berenang
Ajak si kaki empat berenang. Foto: Unsplash

 

Saat musim kemarau, pertimbangkan untuk mencoba olahraga air untuk si doggie. Danau atau kolam renang yang ramah anjing mungkin merupakan tempat yang sempurna untuk olahraga dengan anjing paw friends dan membakar kalorinya.

Ada beberapa tips keselamatan penting yang perlu diingat ketika membawa anjing berenang. Pertama, berhati-hatilah dengan air kolam yang mengandung klorin karena zat ini dapat menyebabkan iritasi mata, hidung, atau telinga untuk anjing. Sebab itu, Anda harus selalu membilas mereka kembali dengan air bersih usai terpapar air kolam yang diklorinasi atau sumber air yang berpotensi menyebabkan iritasi lainnya. 

Kedua, pastikan peliharaan Anda tahu cara berenang ya, paw friends. Beberapa ras anjing memang terkenal kurang pandai berenang di air karena anatomi dan struktur wajahnya. Sebut saja Bulldog, Pug, Daschshund, Pekingese, Basset Hound dan Boxer. Selain itu, anjing dengan bulu yang tebal dan berat juga akan mengalami kesulitan mengapung di atas air. 

3. Mendaki

Best for: Active breed seperti Siberian Husky, Shepherd, Bernese Mountain Dog.

Teman hiking paling setia
Teman hiking paling setia. Sumber: AKC

 Jika Anda tinggal di dekat keindahan alam, coba deh mengganti rutinitas jalan pagi ke olahraga hiking bersama anjing Anda. Lembah, sungai, perbukitan adalah tempat yang cocok untuk menjalankan olahraga ekstra. Tentu saja, jika cuaca memungkinkan.

Sebelum Anda beraksi di alam, cek dulu kondisi apakah area tersebut mengizinkan anjing dan aman untuk didaki anjing Anda. Namun sebagai pemilik anjing yang baik, amat disarankan untuk menjaga tali kekang anjing Anda, patuhi rambu dan peraturan yang berlaku di area tersebut. 

Setelah itu siapkan peralatan P3K anjing, jumlah persediaan air minum, tali, tanda pengenal, dan jangan lupa, makanan ringan untuk anjing sangat penting. Jika Anda berdua berencana untuk hiking di bebatuan yang tajam, pakaikan sepatu boots anjing untuk melindungi kaki hewan peliharaan Anda.

4. Latihan Ketangkasan

Best for: Semua jenis, campuran. Puppies dan anjing senior. Anjing pintar dan tangkas.

Avoid for: Anjing berukuran besar (giant breeds) yang rentan bermasalah dengan tulang dan persendian, seperti Great Dane, Irish Wolfhound, English Mastiff.

Kuras tenaga dengan ajak ia bermain.
Kuras tenaga dengan ajak ia bermain. Foto: Pexels

 Apakah tenaga anjing Anda seolah tak ada habisnya? Jika iya, maka latihan ketangkasan bisa jadi cara optimal untuk membakar kalori, mengencangkan otot, dan menghibur anjing yang cerdas.

 Ada banyak cara mengenalkan olahraga ini untuk anjing, namun Anda perlu melalui beberapa langkah agar mereka menyukainya. Sebagai permulaan, cobalah mempraktikkan beberapa gerakan dasar di rumah, dengan beberapa alat sederhana yang dapat mengembangkan keseimbangan, stamina dan mengasah otak. Contohnya, tangkap bola, atau flying disk.

Mulailah dengan perlahan, paw friends. Tawarkan banyak reward dan pujian kepada anjing untuk menjadikan pengalaman ini sebagai proses belajar yang positif. Jika hewan peliharaan Anda menunjukkan kelincahan atau kemampuan lebih di latihan ketangkasan ini, Anda bisa mencoba kelas atau bahkan kompetisi. 

5. Olahraga Penciuman

Best For: Beagle, Husky, German Shepherd.

Hobi penciuman disalurkan jadi olahraga baru.
Hobi penciuman disalurkan jadi olahraga baru. Sumber: Unsplash

Jika Anda memiliki anjing yang sangat aktif dengan indera penciuman yang kuat, pertimbangkan untuk memperkenalkannya pada latihan penciuman. Kegiatan ini umumnya dilakukan sebagai ajaran dalam kelas pelatihan anjing dan sebenarnya menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan fokus anjing, serta menjadi penyalur rasa penasaran akan sesuatu, yang secara tak langsung membuat ia jadi lebih enerjik. 

Sebagai awalan, coba beberapa permainan mencari sumber bau di rumah. Kegiatan ini sangat menguntungkan karena anjing Anda dapat langsung makan makanan yang disembunyikan atau bermain dengan mainan yang tersembunyi setelah menemukannya. Pada akhirnya, anjing paw friends akan belajar cara mencari bau tertentu dan menemukan sumber bau tersebut.

6. Berlatih Yoga

Best for: Semua jenis anjing adult dog

Ajak anjing berlatih yoga. 

Anjing yang lebih tenang mungkin senang berpartisipasi dalam yoga (hmm, maksudnya di sini) dengan leader mereka, yaitu Anda. Aliran damai yang menenangkan sistem saraf Anda ini dapat menurunkan tekanan darah, membantu meregangkan dan memperkuat otot. Hal yang sama pun akan dirasakan oleh anjing. Tentunya ini akan sangat bergantung pada lokasi, bisa di rumah atau kelas yoga yang memungkinkan untuk membawa anjing Anda ikut serta. 

7.  Menari

Best For: Semua jenis anjing adult dog

Percaya atau tidak, anjing Anda mungkin adalah kandidat yang tepat untuk pelajaran menari. Anda dapat mengajari mereka beberapa langkah sederhana atau, seiring waktu, bisa melakukan peningkatan dengan melakukan gaya bebas.

Tahukah Anda, menari adalah latihan yang bagus dan bermanfaat untuk anjing Anda, karena ini akan mengasah otak mereka. Konsentrasi yang dibutuhkan untuk tarian yang lebih rumit akan menguji anjing yang paling cerdas sekalipun. Ya paw friends, tak ada salahnya mengajak anjing Anda berdansa.

8. Jogging Santai

Best For: Anjing ukuran sedang hingga besar. Anjing dewasa berenergi tinggi. Anjing overweight.

Avoid For: Puppies dan anjing senior. Anjing agresif dan tidak bersosialisasi.
 

Jogging santai dengan doggie kesayangan
Jogging santai dengan doggie kesayangan. Foto: Pexels

Oldie but goodie jogging sangat cocok untuk Anda dan anjing kesayangan. Pompa aliran darah dan ajak anjing Anda lari santai di sekitar lingkungan rumah Anda. Jika Anda akan mulai lebih serius dan melakukan olahraga ini dengan rutin, coba tetapkan target kecepatan dan jarak untuk membantu meningkatkan stamina anjing Anda dari hari ke hari.   

Meskipun jogging sangat direkomendasikan, pastikan untuk memeriksa cakarnya apakah timbul iritasi. paw Indonesia sarankan, sebaiknya hindari berlari dalam cuaca panas, dan menyediakan banyak air minum saat jogging. Dan terakhir, berikan kesempatan bagi anjing Anda untuk beristirahat dan mengendus area baru yang belum pernah ia lalui sebelumnya.

9. Main Lempar Tarik

Best For: Pemilik yang sangat terlibat. Anjing dengan bakat untuk mengambil.

Avoid For: Anjing yang malas dan cepat bosan. Umumnya toy breed (Chihuahua, Maltese, Shih Tzu, Pug, Pinscher)

Terjebak tak bisa keluar rumah karena cuaca di luar sedang hujan? Anda dan anjing Anda dapat berolahraga di dalam ruangan dengan beberapa permainan. Mulai dengan yang klasik: raih mainan favorit anjing Anda dan lempar ke lorong atau area terbuka. Jika anjing Anda tidak terlalu suka mainan, cobalah lemparkan kudapan atau sepotong daging sebagai gantinya.

Saat anjing Anda telah mengambil semua yang bisa mereka ambil, langsung kejar dan tarik umpan tersebut. Anjing Anda tidak hanya akan senang bermain dengan Anda, tetapi mereka juga akan berolahraga dan bakar kalori.

10.  Pergi ke dog park

Best for: Semua ras, campuran. Anjing yang butuh bersosialisasi. Anjing muda dan setengah baya. Anjing yang ramah dan santun.

Avoid for: Puppies. Anjing yang agresif atau cemas. 

Jika anjing Anda ramah dan bersahabat dengan orang lain, Anda bisa membawanya ke taman anjing (dog park) atau ruang terbuka khusus anjing supaya ia berkejar-kejaran dengan anjing lain. Anjing secara alami mengeluarkan banyak energi saat bermain bersama.

 Akan tetapi, coba untuk selalu mengawasi bahasa tubuh anjing Anda saat mereka bermain, demi memastikan kesenangan itu tidak lepas kendali. Jika anjing Anda menemukan BFF (selain Anda, tentu saja), Anda bahkan dapat mengundang mereka untuk bermain ke rumah.

Ketika si doggie berolahraga, ini hal yang perlu diperhatikan, paw friends.

Profil Penulis
Selain ngomongin kosmetik dan olahraga, wanita ini sukaaaa sekali kopi susu. Bicara soal anjing, dia adalah dog parents yang bakal mellow kalau ngomongin soal anjing pertamanya, Lilo, disusul Bento, Chelsea, dan Zippo.
scroll to top