Mengenal Loop atau Menstruasi pada Anjing Betina

Mengenal Loop atau Menstruasi pada Anjing Betina

Posted on 17:55 - 11 Oct 2019
Cornila Desyana Cornila Desyana Penulis dan Penyuka Binatang

Untuk paw friends yang berniat memelihara atau baru memiliki anjing, apakah tahu bila anjing betina akan mengalami menstruasi? Ya paw friends, saat anjing betina beranjak dewasa dan sudah siap untuk beranak, mereka akan mengalami menstruasi atau lebih dikenal di dunia anjing dengan sebutan loop maupun siklus estrus.

Bagaimana loop terjadi dan apa yang harus paw friends lakukan saat siklus itu datang, yuk kita bahas lebih jauh.

Apakah menstruasi anjing sama dengan manusia? 

Jawabannya adalah tidak. Anjing betina memang mengalami pendarahan yang menjadi bagian dari siklus reproduksinya, tapi ini tidak akan terjadi setiap bulan, seperti yang dialami para perempuan dewasa. 

Umumnya, siklus loop dialami anjing betina hanya dua kali setahun. Siklus loop ini juga dikenal dengan sebutan heat atau panas atau musim kawin, dan hanya terjadi pada anjing betina yang belum disterilisasi. Pada periode ini pula, anjing betina tengah mengalami masa suburnya, dan kemungkinan besar akan hamil bila berhubungan dengan anjing jantan.

Kapan anjing akan mengalami loop pertamanya?

Umumnya, anjing yang belum disterilisasi akan mengalami loop pertamanya saat sudah berusia enam bulan. Tapi hal ini juga tergantung pada jenis anjing yang dimiliki paw friends. Untuk anjing berukuran kecil, seperti Chihuahua atau Yorkshire Terrier, bisa jadi mengalami loop di usia lebih muda. Sementara anjing berukuran besar, selayaknya Golden Retriever atau German Shepherd akan mengalami kali pertama menstruasi di usia yang lebih dewasa, ketika usianya sekitar 18-24 bulan.

Seberapa sering anjing mengalami loop?

Seperti halnya kali pertama anjing mengalami loop, siklus loop setiap anjing berbeda-beda. Rata-rata, anjing mengalami loop dalam enam bulan sekali, tapi ada pula yang tiga-empat bulan ataupun delapan-sepuluh bulan.

Meski memiliki perbedaan, ada baiknya paw friends mengajak anjing ke dokter hewan. Selain mengecek kondisi kesehatannya, juga untuk mengetahui normal tidaknya siklus loop yang dialami anjing, terutama jika pola atau siklusnya berubah.

Bagaimana siklus hormon terjadi pada anjing?

Siklus hormon anjing terbagi ke empat fase:

  1. Anoestrus - masa tidak subur
    Anoestrus adalah periode waktu anjing betina tidak mengalami loop atau musim kawin. Selama periode ini, secara seksual, anjing betina tidak akan menarik perhatian anjing jantan. Di masa ini pula, anjing betina tidak bisa hamil.

  2. Proestrus - pra menstruasi
    Proestrus adalah bagian pertama dari siklus loop anjing. Di fase ini, rahim anjing tengah mempersiapkan kondisi untuk bisa hamil. Di saat inilah vulva atau kelamin anjing akan membengkak dan pendarahan dimulai. 

  3. Oestrus - masa subur/ovulasi
    Oestrus atau siklus kedua loop adalah masa subur anjing. Pada titik ini, darah menstruasi anjing akan berubah menjadi lebih terang atau merah muda dan berair. Di saat ini juga, anjing betina akan lebih aktif untuk menarik perhatian anjing jantan. Bahkan beberapa anjing betina berusaha kabur dari rumah, untuk kawin. 

  4. Diestrus - post menstruasi
    Diestrus adalah bagian akhir dari siklus loop. Pada fase yang terjadi selama dua bulan ini, hormon estrogen anjing akan menurun sementara progesteronnya meningkat. Bentuk vulva anjing juga akan kembali normal, dan sebagai tanda dari akhir masa kawin anjing betina. 

Apa tanda-tanda anjing mengalami loop?

Ada beberapa tanda yang bisa acuan paw friends bila anjing akan memasuki siklus loop. Pertama, vulva atau kelamin anjing betina akan membengkak. Ukurannya bisa mencapai tiga sampai empat kali ukuran normal. Kedua, anjing akan mengeluarkan darah dari vagina, tapi tidak dalam jumlah banyak. 

Terkadang, paw friends hanya akan menemukan tanda atau warna merah yang sangat kecil, di lantai atau tempat tidur anjing, karena itu paw friends perlu jeli. Ketiga, anjing betina akan menjadi sangat menyukai kebersihan selama masa subur. Biasanya mereka akan lebih sering menjilati bagian vulvanya. 

Lalu bagaimana bila anjing menunjukkan tanda-tanda masa subur tapi tak terlihat adanya darah? Untuk ini, paw friends perlu menyiapkan kapas atau tisu bersih, lalu usap di bagian vulva anjing. Dengan begitu, paw friends bisa mengetahui ada tidaknya darah dari vagina anjing. Bila memang tidak ada darah, cek kondisi anjing ke dokter hewan. Karena bisa jadi, anjing sudah masuk masa menopause atau memang ada masalah kesehatan seperti diabetes atau kanker.

Anjing yang mengalami siklus loop bisa dipakaikan celana.
Anjing yang mengalami siklus loop bisa dipakaikan celana. Source: Tamara Bellis

Apa yang harus dilakukan saat anjing mengalami loop?

Ada sejumlah hal yang perlu paw friends lakukan selama anjing mengalami siklus loop, terutama kalau paw friends belum berniat memiliki anak anjing di rumah, yakni:

  1. Selalu menemani anjing saat di luar rumah
    Anjing betina yang sedang mengalami siklus loop akan menarik penciuman anjing jantan. Itu sebabnya, jangan biarkan anjing keluar rumah sendirian, karena bisa jadi ia akan langsung didekati anjing jantan untuk dikawinkan.

    Kalau pun paw friends ingin mengajak anjing berjalan-jalan, penting untuk mengenakan tali kekang di kalungnya. Sehingga paw friends bisa menahannya dari keinginan melarikan diri dan menghampiri sang pejantan.

Sementara saat kembali ke rumah, sangat disarankan bila paw friends membawa anjing pulang dengan mobil. Tujuannya agar memutus jejak si anjing,  sehingga anjing jantan tidak bisa melacaknya sampai ke rumah.

mengajak anjing jalan-jalan dengan kali kekang di kalungnya
mengajak anjing jalan-jalan dengan kali kekang di kalungnya. Source: David McKumskay

 

  1. Memberikan perhatian ekstra
    Di fase loop, anjing tidak hanya mengalami perubahan fisik, tetapi juga mental. Itu sebabnya paw friends perlu memberikan perhatian ekstra seperti mengajaknya ngobrol, memberikannya mainan karet untuk digigit-gigit, mengelusnya hingga anjing merasa nyaman. Jangan juga memaksa anjing untuk melakukan kegiatan berat, seperti berolahraga. Bila ia ingin tidur, biarkan saja selama itu membuatnya nyaman.

  2. Tidak mengajak anjing ikut show
    Masih soal aroma tertentu yang dikeluarkan anjing saat siklus loop dan menarik perhatian anjing jantan, itu sebabnya paw friends tidak disarankan mengajaknya ke pameran atau show anjing. Sebab kehadirannya akan membuat anjing jantan tidak fokus, atau bahkan mengerubunginya.

Nah, dengan artikel ini, semoga paw friends semakin mengetahui tanda-tanda siklus loop atau menstruasi pada anjing betina.

Profil Penulis
Cornila, ibu dari dua putri dan satu putra, yang juga sibuk sebagai parent dari dua kucing, dua kelinci, dua kura-kura brazil, dua hamster dan satu anaknya, dua ikan cupang, dua ikan mas, dan dua ikan manfish.
scroll to top