Alasan Mengapa Anjing Sering Makan Rumput

Alasan Mengapa Anjing Sering Makan Rumput

Posted on 13:04 - 08 May 2019
Andhini Puteri Lestari Andhini Puteri Lestari Content Expert & Dog Lover

“Hmm… mengapa si doggo sering kepergok makan rumput? Wajar nggak, ya? Tapi, dia bukan sapi!” Mungkin ini yang terlintas di pikiran paw friends kala memergoki anjing kesayangan sedang asyik mengunyah rumput di halaman. Jadi sebenarnya, anjing suka makan rumput itu wajarkah?

Meski banyak juga yang berkata bahwa rumput kaya vitamin, tapi tak jarang paw friends menemukan muntahan hijau di area tempatnya bermain.

Q: Mengapa anjing suka makan rumput?

A: Alasan pasti mengapa anjing makan rumput tidak bisa diketahui secara pasti. Namun alasan setiap anjing mungkin saja berbeda (seandainya saja kita bisa mengetahui isi kepala mereka!). Tapi ada sejumlah alasan mengapa anjing suka makan rumput. Menurut Cesarsway.com, inilah alasan yang paling sering ditemui:

Suka dengan rasa rumput

Sebagai natural scavengers, sudah menjadi naluri setiap anjing untuk selalu tergugah mencari sesuatu yang bisa dimakan, di mana pun. Maka sangat mungkin jika ia menyukai rasa dari rumput, atau mungkin teksturnya. Atau bisa jadi karena rumput mengandung nutrisi yang tidak ia temukan di makanannya, terutama serat. Nah, itu sebabnya sebagian orang berpikir bahwa kebiasaan makan rumput ini akan berhenti setelah mengganti makanan anjing mereka dengan makanan berserat tinggi. Tapi sebenarnya, sampai sekarang, tidak ada yang benar-benar tahu apa alasan anjing suka makan rumput, secara naluri hewani, kebiasaan ini bisa jadi terus berlanjut.  

Untuk mengetahui kandungan serat yang cukup untuk makanan anjing, jika menggunakan makanan anjing kemasan/dog food, carilah yang komposisi fiber/seratnya antara 6-10% (standar normal di dog food kemasan biasanya 2-4%). Jika ingin memberinya makanan olahan sendiri, cek dan riset dulu makanan apa saja yang tinggi serat. Saat ini sudah banyak artikel yang membahas hal ini dan akan mempermudah paw friends.

Namun jika ternyata anjing kesayangan sering sekali makan rumput dan seringkali muntah karenanya, sebaiknya temui dokter hewan dan berkonsultasilah untuk mengetahui apa saja makanan berserat tinggi yang bisa paw friends berikan pada doggo atau cara bagaimana yang bisa menghentikan kebiasaannya memakan rumput.

Ia sedang merasa bosan

Sama seperti manusia, saat sedang merasa bosan biasanya kita ingin keluar dari rutinitas dan melakukan hal-hal yang tak biasa kita lakukan. Anjing pun demikian, bisa jadi kebiasaan makan rumputnya terjadi karena ia ingin “mengisi waktu luang”. Ia punya halaman yang luas untuknya sendiri, tapi tak banyak yang bisa dilakukan di situ.

Jika paw friends melihat gelagat ini terjadi; salah satunya saat ia sudah mulai malas diajak bermain di halaman, mungkin? Coba ingat-ingat apakah paw friends sering mengajaknya bermain atau berlatih ketangkasan? Apakah paw friends menyadari bahwa si doggo lebih sering makan rumput ketika sedang jarang diajak bermain atau berjalan-jalan? Bila melihat tanda-tanda kebosanan pada dirinya, siapkan chew toy sebagai alternatif lain yang bisa ia nikmati di waktu luangnya.

Perutnya sedang tidak enak

Sejumlah ahli percaya bahwa rumput bisa membantu pemulihan diri. Ketika anjing sedang merasa tidak enak perut, ia akan mencari rumput untuk mencari ketenangan. Ini bisa dilihat jika anjing paw friends terlihat sangat menggebu-gebu ingin memakan rumput, biasanya lehernya terlihat memanjang dan sering menelan ludah, diikuti dengan muntah. Tapi menurut penelitian, kasus ini cukup jarang, kurang dari 25 persen anjing akan muntah setelah makan rumput.

Meski anjing kerap muntah setelah makan rumput, perilaku ini masih dianggap normal untuk doggo. Sejauh ini tidak ada bukti yang menyatakan bahwa makan rumput berbahaya untuk anjing. Namun tidak ada salahnya mengecek ke dokter hewan jika hal ini sering terjadi, untuk berjaga-jaga ada penyakit yang sedang ia dera.  

Q: Anjing gemar memakan rumput pertanda ia terjangkit penyakit?

A: Kebiasaan memakan rumput sesungguhnya adalah kebiasaan yang normal pada anjing. Namun memang ada penyakit yang disebut Pica. Pica adalah terminologi yang biasa dipakai untuk menandai penyakit gangguan makan di mana anjing kerap memakan makanan yang sesungguhnya bukan untuk dimakan seperti kaus kaki, underwear, bahkan sampai bola golf… Terkadang, Pica  bisa juga menjadi indikasi bahwa anjing Anda mengalami kekurangan nutrisi, namun bisa juga  Pica terjadi karena anjing merasa bosan, terutama bagi anak anjing dan anjing berusia muda.

Mencari penyebab pasti dari Pica  pada anjing cukup sulit, namun menurut Dr Kelly Black, Faculty Coordinator of Veterinary Technology di Cedar Valley College, Lancaster, Texas, ketidakseimbangan hormonal dan penyakit seperti diabetes atau tiroid bisa menjadi salah satu pemicu anjing terjangkit Pica. “Untuk breed tertentu seperti Labrador Retriever, Pica bisa lebih rentan menderanya,” ujar Dr Black.

Pica, biasanya menjangkit anjing-anjing berusia muda atau puppies.
Pica, biasanya menjangkit anjing-anjing berusia muda atau puppies. Foto: Austin Kirk/ Unsplash

Q: Berbahayakah efek dari anjing memakan rumput?

A: Tenang, banyak dokter hewan yang berkata bahwa kebiasaan makan rumput ini perilaku normal untuk anjing. Makan rumput tidak akan membuat mereka menjadi sakit, selama rumput yang dimakan tidak terkontaminasi racun hama, atau pupuk yang mengandung bahan kimia.

Q: Apa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan jika anjing sering makan rumput?

A: Untuk berjaga-jaga seandainya anjing kesayangan gemar mengunyah rumput, lakukan pencegahan, salah satunya dengan menggunakan produk-produk non-toxic di halaman paw friends. Ketika berada di area publik, perhatikan selalu rumput-rumput di sekitar, jangan sampai anjing kesayangan teracuni dengan rumput yang mengandung kimia di halaman tetangga Anda. paw friends juga bisa menanam tanaman-tanaman herbal atau rumput herbal agar aman untuk dikonsumsi anjing paw friends.

Profil Penulis
Andhini adalah Content Expert dan dog parents untuk Cola, Whiskey, & Benji. Selain sangat cinta pada dunia teater dan snacks, ia sangat suka pada binatang (semua binatang) selain musuh terbesarnya: kecoak!
scroll to top